Brilio.net - Setiap orang memiliki selera masing-masing soal makanan dan minuman. Misalnya, ada yang lebih suka hidangan manis, asin, pedas, hingga asam. Makanan dengan rasa asam ini memang sering dianggap nikmat. Bahkan, ada sejumlah orang yang lidahnya tak mudah merasa kecut saat mengonsumsi makanan asam.

Contoh makanan asam ini pun beragam banget. Misalnya sayur asem, jus jeruk, minuman lemon, kopi, yogurt, sejumlah soda, suplemen, rujak mangga muda, belimbing wuluh, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya jenis hidangannya, penggemar rasa asam pasti nggak akan mudah bosan.

Namun seperti kebanyakan jenis makanan lainnya, jika mengonsumsi hidangan asam ini secara berlebihan, kurang baik untuk kesehatan, lho. Terlalu berlebihan bisa berisiko berbahaya untuk kesehatan. Makanya sebaiknya perhatikan porsi mengonsumsi makanan asam. Secukupnya saja, ya.

Di sisi lain, penting juga mengetahui dampak negatif apa yang terjadi pada tubuh jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan asam. Simak ulasan selengkapnya yang telah BrilioFood rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/5).

1. Menurunkan kadar gula darah.

foto: Pexels/PhotoMIX Company

Ketika kamu terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan asam, bisa menyebabkan kadar gula darah atau glukosa jadi sangat rendah, lho. Padahal, glukosa ini merupakan sumber energi tubuh. Dilansir dari nhs.uk, kondisi ini bisa lebih berbahaya berbahaya jika kamu punya riwayat atau sedang menderita diabetes.

2. Meningkatkan risiko osteoporosis.

foto: Pexels/Victor Freitas

Dilansir dari mcgill.ca, terlalu banyak mengonsumsi asam bisa menyebabkan pengeroposan tulang, bahkan meningkatkan risiko osteoporosis. Hal ini dikarenakan oleh kalsium yang terlalu dilepaskan ketika asam pada tubuh meningkat. Maka dari itu, sebaiknya tetap menyeimbangkan konsumsi makanan tinggi kalsium dan mengurangi asam berlebih, ya.

3. Bikin pH tubuh tidak seimbang.

foto: Pexels/Victoria Emerson

Agar tubuh dapat bekerja secara normal, penting untuk menjaga pH tetap seimbang. Dilansir dari healthline.com, terlalu banyak mengonsumsi asam bisa jadi salah satu penyebab ketidakseimbangan pH, lho. Makanya penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman asam dalam jumlah sewajarnya.

4. Asam lambung naik.

foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Sudah jadi rahasia umum jika makanan asam bisa bikin asam lambung naik, apalagi bagi kamu yang punya permasalahan lambung. Terlalu banyak makan cita rasa asam dapat membuat cairan lambung naik kembali ke kerongkongan, muncul rasa mulas, hingga sensasi terbakar di dada.

5. Merusak gigi.

foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Gigi punya lapisan luar bernama enamel yang terbuat dari mineral. Nah, dilansir dari cooleysmileskenmore.com, makanan asam yang dikonsumsi berlebihan berisiko merusak enamel gigi ini, lho. Seiring berjalannya waktu, jika enamel gigi semakin rusak, gigi pun juga bisa ikut rusak.

6. Demam.

foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman asam juga berisiko naiknya suhu tubuh. Dilansir dari easyayurveda.com, terlalu banyak konsumsi asam bisa memicu sejumlah perubahan kondisi kesehatan misalnya demam, masalah pencernaan, dan lain sebagainya.

7. Keringat berlebih.

foto: Pexels/Mary Taylor

Dilansir dari rarediseases.org, pada sejumlah orang, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman asam bisa bikin tubuh menghasilkan keringat terlalu banyak, lho. Kondisi ini dikenal juga dengan sindrom frey. Nggak hanya akibat dari makanan asam, sindrom ini juga bisa disebabkan oleh makanan pedas maupun asin.

8. Tubuh kehilangan energi.

foto: Pexels/Andres Ayrton

Seperti disebutkan sebelumnya, gula darah merupakan sumber energi pada tubuh. Nah, saat terlalu banyak menyantap makanan dan minuman asam, tubuh pun bisa seketika kehilangan energi lalu merasa lelah. Tak hanya itu saja, makanan asam ini juga bikin inflamasi, memicu permasalahan kesehatan lainnya.

9. Pusing.

foto: Pexels/Liza Summer

Banyak melahap makanan dan minuman asam juga berisiko pusing. Dilansir dari betterbalanceinlife.com, terlalu banyak asam yang masuk ke tubuh nggak hanya bikin pusing, tetapi juga memicu munculnya vertigo.

10. Kulit gatal.

foto: Unsplash/Romina Farías

Bagi sejumlah orang yang punya kulit sensitif, terlalu banyak mengonsumsi asam bisa bikin gatal-gatal. Dilansir dari dermeze.com.au, hal ini bisa jadi karena terlalu banyak makan buah jeruk, lemon, olahan susu, keju, maupun seafood. Nah, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan tenaga kesehatan untuk mengetahui penyebab pastinya, ya.