Brilio.net - Kantung empedu merupakan organ kecil memiliki bentuk menyerupai buah pir, terletak tepat di bawah hati manusia. Fungsi organ ini adalah membantu proses penyerapan vitamin dan membuang racun yang ada dalam tubuh.

Melihat betapa pentingnya organ ini, sudah sewajarnya kamu menjaga kesehatan empedu dengan benar. Namun sayangnya masih banyak orang menderita penyakit batu empedu.

Masalah batu empedu ini bisa muncul karena beberapa faktor. Salah satunya adalah karena salah pola makan. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak tepat bisa jadi pemicu munculnya batu empedu. Jenis makanan ini yang mengandung lemak jenuh tinggi, membuat empedu bekerja lebih berat.

Tak cuma batu empedu, dilansir dari healthline.com, makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mengetahui hal tersebut, tentu kamu harus tahu makanan apa saja yang mengandung lemak jenuh sekaligus faktor batu empedu. Simak ulasan lengkapnya seperti BrilioFood himpun dari berbagai sumber pada Minggu (15/5).

1. Daging merah.

foto: pixabay.com

Dilansir dari scripps.org daging merah mengandung lemak jenuh, kolesterol, dan juga natrium yang tinggi. Memiliki beberapa kandungan yang kurang sehat, kamu harus membatasi porsi makan daging merah. Jika dikonsumsi secara berlebihan, akan membuat organ empedu kewalahan dalam memproduksi cairan.

2. Karbohidrat olahan.

foto: pixabay.com

Pasta, tepung putih, dan kue kering adalah contoh karbohidrat olahan yang mengandung glikemik tinggi. Sejumlah makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah dan kadar insulin dalam tubuh. Sejalan dengan insulin yang naik, konsentrasi kolesterol dalam empedu pun ikut naik.

3. Ikan kalengan.

foto: pixabay.com

Banyak orang tahu bahwa ikan memiliki kandungan dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun hal itu tidak berlaku jika ikan kemasan, seperti sarden. Ikan kemasan mengandung lemak jenuh yang tinggi dan bisa meningkatnya kadar kolesterol.

4. Keju.

foto: pixabay.com

Keju adalah salah satu produk olahan susu. Rasanya lezat dan bikin nagih, nggak heran kalau banyak orang menyukai keju. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, keju bisa menjadi salah satu penyebab terbentuknya batu empedu, lho. Keju ternyata juga mengandung lemak yang tinggi.

5. Alpukat.

foto: pixabay.com

Dilansir dari healthline.com, buah satu ini mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin E, dan juga lemak. Kamu bisa mengonsumsi buah satu ini asal dengan porsi yang pas agar kolesterol dalam tubuh tidak meningkat.

6. Butter.

foto: pixabay.com

Kebanyakkan orang memilih butter untuk menambah cita rasa makanan. Namun dilansir dari healthline.com, butter mengandung lemak yang cukup tinggi. Sebagai penggantinya, kamu bisa memanfaatkan bumbu dan rempah agar rasa masakanmu menjadi lebih nikmat.

7. Permen.

foto: pixabay.com

Permen merupakan salah satu produk gula buatan. Rasanya yang manis seringkali membuat orang mengonsumsinya dalam porsi banyak. Namun ternyata produk gula buatan ini pun mengandung sukrosa dan fruktosa yang dapat memicu penyakit batu empedu.

8. Susu.

foto: pixabay.com

Susu sapi dikenal sebagai sumber protein hewani yang baik. Namun dilansir dari healthline.com, susu juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Jika mengonsumsinya secara berlebihan, minuman ini akan meningkatkan kadar kolesterol.

9. Camilan dari olahan karbohidrat.

foto: pixabay.com

Camilan punya rasa menggiurkan dan praktis. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering, makanan ini akan menyebabkan produksi insulin dalam tubuh meningkat. Kemudian diikuti dengan empedu yang kewalahan untuk memproduksi cairan.

10. Telur.

foto: pixabay.com

Dilansir dari healthline.com, kandungan kolesterol dalam satu butir telur bisa mencapai 185 mg. Terlalu sering dan banyak makan telur dapat menyebabkan batu terbentuk di dalam empedu. Hal itu dikarenakan jika organ hati mengeluarkan lebih banyak kolesterol daripada cairan empedu, maka batu tersebut akan terbentuk.