Brilio.net - Selain nasi, roti tawar juga bisa jadi alternatif makanan pokok bagi sebagian orang. Roti tawar menjadi sumber karbohidrat yang cenderung mengenyangkan. Tidak hanya itu, penyajiannya yang praktis membuat banyak orang memilih roti tawar untuk disantap sehari-hari, apalagi jika sedang terburu-buru.

Di sisi lain, roti tawar juga jadi bahan dasar untuk membuat camilan atau makanan manis seperti aneka kue. Hal ini lantaran roti tawar tetap enak walau diolah menjadi makanan manis maupun makanan gurih.

Roti tawar biasanya memang dijual dalam kemasan plastik dan telah dipotong dalam bentuk lembaran-lembaran. Sama halnya dengan makanan lain, roti tawar pun memiliki masa kedaluwarsa yang hanya beberapa hari. Lantas, setelah melewati masa kedaluwarsa, roti tawar akan ditumbuhi jamur dan tidak layak dikonsumsi.

Namun ada juga roti tawar yang sudah menjamur bahkan sebelum melewati masa kedaluwarsa. Biasanya hal ini dapat terjadi karena cara penyimpanannya yang salah. Tentu roti tawar yang sudah berjamur jadi terbuang sia-sia.

Nah, supaya terhindar dari hal tersebut, kamu perlu tau cara menyimpan roti tawar dengan benar. Salah satu kunci agar roti tawar tidak berjamur sebelum masa kedaluwarsa terletak pada cara mengikat bungkus roti tawar.

Walau tanpa kulkas, cara mengikat bungkus roti tawar yang ditunjukkan pengguna TikTok/@datomichaellim_oe ini bisa bikin roti tidak mudah berjamur. Plastik bungkus roti tawar diikat dengan sempurna bisa membuatnya kedap udara sehingga membuat roti tawar lebih awet.

Dilansir BrilioFood pada Rabu (27/7), dalam sebuah tersebut, ia menunjukkan empat cara mengikat bungkus roti tawar dengan benar. Pertama, putar-putar bagian ujung bungkus roti lalu ikan dengan simpul tunggal.

foto: TikTok/@datomichaellim_oe

Untuk cara mengikat yang kedua, siapkan tali atau karet dengan ukuran yang tidak terlalu panjang atau pendek. Lantas, gulung karet atau tali yang digunakan pada plastik pembungkus lalu ikat dengan simpul yang mudah dilepas. Lebih baik, hindari simpul mati, ya.

foto: TikTok/@datomichaellim_oe

Kemudian bisa juga dengan menggunakan tag atau penjepit kemasan plastik roti tawar yang menjadi label untuk roti tawar tersebut. Cara menggunakannya pun cukup simpel. Putar plastik hingga kencang, lalu sematkan penjepit pada bagian tengahnya supaya plastik tidak mudah lepas.

foto: TikTok/@datomichaellim_oe

Terakhir, cukup putar plastik kemasan hingga kencang. Lalu letakkan roti tawar dalam kondisi terbalik. Hal ini berguna untuk mengunci ikatan supaya tidak ada udara dari luar yang masuk ke dalam bungkus roti tawar dan berpotensi membuatnya jadi berjamur.

foto: TikTok/@datomichaellim_oe

Video yang telah dibagikan lebih dari seribu kali ini turut menarik perhatian warganet. Selain cenderung simpel, cara mengikat bungkus roti tawar ini juga bisa jadi inspirasi. Beberapa warganet bahkan menanggapi tentang cara mengikat plastik roti tawar yang biasa mereka praktekkan sendiri.

 

 

"No 4 saya suka buat mcm tu," ungkap akun TikTok/@maizazakaria2.

"Biase no.1 la," tulis pengguna TikTok/@norizanfir dalam kolom komentar.

"Saya selalu buat no 1 dgn no 3," kata akun TikTok/@sayyidah443.

"Semua cara pun saya pakai," pungkas akun TikTok/@farreenlai.