Brilio.net - Minyak goreng menjadi salah satu bahan masak yang wajib tersedia di rak penyimpanan dapur. Salah satu kegunaannya adalah untuk mematangkan bahan makanan mentah dalam proses memasak. Seperti menggoreng, memanggang, menumis, dan proses memasak lainnya.

Namun minyak goreng juga bisa menjadi keruh dan kotor, terlebih jika telah digunakan untuk menggoreng makanan. Umumnya hal ini terjadi karena sisa makanan yang tercecer di dalam minyak tersebut.

Jika sudah kotor oleh sisa-sisa makanan, beberapa orang biasa membuangnya dan menggunakan minyak goren yang baru. Padahal, minyak goreng yang masing berwarna bening dan tidak gosong masih bisa untuk digunakan kembali. Lantas, bagaimana cara menjernihkan minyak goreng bekas yang sudah terlanjur kotor?

Sebagian orang biasanya hanya menyaring kotoran yang terdapat pada minyak goreng. Namun, saringan tidak bisa sepenuhnya membuang kotoran pada minyak. Terlebih remahan-remahan kecil dan halus yang sulit untuk disaring. Sedangkan jika menggunakan kain atau penyaring halus, akan butuh waktu yang lama supaya minyak kembali jernih.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meniru cara menjernihkan minyak goreng bekas yang dibagikan oleh salah satu warganet di TikTok. Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@nurul.fauziah1327 pada Rabu (17/8), kamu hanya perlu menyiapkan satu bahan untuk membersihkan minyak yang kotor akibat sisa-sisa penggorengan, yakni tepung tapioka.

foto: TikTok/@nurul.fauziah1327

Kamu hanya perlu menyiapkan tepung kanji atau tepung tapioka, kemudian campurkan tepung dengan setengah gelas air. Aduk-aduk hingga tepung larut. Sembari melarutkan tepung, panaskan terlebih dahulu minyak goreng bekas yang akan dijernihkan. Jika minyak sudah mulai panas, tuang larutan tepung tapioka ke dalam minyak tersebut. Tuang hingga tepung terendam minyak.

foto: TikTok/@nurul.fauziah1327

Setelah itu, langsung aduk-aduk tepung tapioka menggunakan spatula seperti menggoreng makanan biasa. Saat digoreng, tepung tapioka akan menggumpal dan membuat semua kotoran menempel ke dalam tepung. Jika dirasa minyak mulai bersih, saring tepung dan buang. Minyak goreng yang kembali jernih pun bisa digunakan kembali untuk memasak.

foto: TikTok/@nurul.fauziah1327

Selain menggunakan tepung tapioka, ada cara lain yang bisa diterapkan untuk menjernihkan minyak goreng yang kotor, yakni dengan menggunakan nasi. Alternatif jernihkan minyak ini pun turut dipaparkan salah satu warganet melalui kolom komentar dari video tersebut.

"Goreng pke nasi cobain DECH lgsung bersih bgt," kata akun TikTok/@annzulfar.

"Pake nasi juga bisa," sahut TikTok/@milooooooooo.coklat.

Lebih lanjut, nasi juga kerap diandalkan untuk menjernihkan minyak goreng bekas karena sifatnya yang cenderung lengket seperti halnya larutan tepung tapioka. Sedangkan cara mempraktikannya pun tak jauh berbeda dengan saat menggunakan larutan tepung tapioka.

Yakni dengan menyiapkan segenggam nasi yang sudah dikepalkan hingga padat. Lalu masukkan nasi tersebut ke dalam minyak goreng. Bolak-balik dan tekan nasi hingga semua kotoran pada minyak menempel. Jika sudah, tiriskan dan buang nasi yang telah berisi kotoran. Lantas, minyak pun kembali jernih.

foto: TikTok/@nurul.fauziah1327

Selain mengganti larutan tepung dengan minyak, beberapa warganet juga memberi saran lain yang tak kalah bermanfaat berkaitan dengan proses menjernihkan minyak goreng. Salah satunya, jika minyak goreng sudah mulai berwarna gelap, bisa campur minyak goreng dengan mentega.

"Klo minyak agak gelap wrn nya, cb campurin ama mentega," jelas akun TikTok/@vanillacookies8.

Tidak hanya ditanggapi dengan beberapa saran dari warganet, video yang sudah ditonton lima juta kali dan dibagikan lebih dari 800 kali tersebut pun turut membuat beberapa warganet mengaku mendapat ilmu baru. Bahkan ada banyak yang kemudian mengungkapkannya melalui kolom komentar.

"Pantesan gw ga berhasil, gw ga campurin air ke tepungnya," ujar akun TikTok/@fnyxndraa.

"Uwaaaooww nice tips kak," tulis TikTok/@yuli_bambang.

"Makasih tipsnya," pungkas akun TikTok/@haidarnajihin13.

"Makasih tips kk," ungkap TikTok/@diarymbandut.

"Ini berguna bgt si," kata TikTok/@cuteuplifting_.

 

Nah, buat kamu yang ingin membersihkan minyak goreng bekas, ada baiknya untuk mencoba cara tersebut di rumah. Dijamin minyak goreng yang sudah digunakan bisa lebih jernih dan siap dipakai kembali.