Brilio.net - Spageti merupakan salah satu jenis pasta yang digemari banyak orang. Spageti memiliki bentuk panjang dan pipih yang membuatnya hampir mirip dengan mi. Meskipun mirip mi, namun spageti dinilai lebih sehat untuk dikonsumsi.

Tak cuma lezat, spageti juga kaya akan manfaat. Dilansir dari healthline.com, jenis pasta satu ini memiliki kandungan energi, protein, karbohidrat, kalsium, besi, dan juga lemak. Tak cuma itu, kandungan magnesium spageti dapat dimanfaatkan untuk membantu metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

Sudah lezat dan kaya manfaat, spageti juga dianggap mudah dan praktis diolah menjadi berbagai hidangan. Karena cita rasanya yang sudah enak, jadi bisa dipadukan dengan berbagai bahan lainnya menjadi satu.

Biasanya kebanyakan orang mengolah spageti bersama aneka jenis saus seperti bolognaise maupun carbonara. Namun sebelum itu, spageti perlu direbus terlebih dahulu hingga matang sempurna atau biasa disebut al dente.

Sebenarnya cara merebus spageti tidaklah sulit. Hampir sama dengan merebus mi pada umumnya. Akan tetapi sangat disayangkan, tak sedikit orang mengeluh tekstur spageti yang mereka rebus malah menjadi lengket, terlalu, atau justru kurang matang.

Kendati demikian, kamu tak perlu khawatir, rupanya ada cara gampang merebus spageti dengan benar. Cara tersebut diunggah oleh akun TikTok bernama Firhan.

foto: TikTok/@firhan_ashari

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@firhan_ashari pada Selasa (16/8), hal pertama yang dilakukan adalah menuangkan air ke panci lalu direbus hingga mendidih menggunakan api sedang. Ketika sudah mendidih, tambahkan garam supaya spageti lebih nikmat.

foto: TikTok/@firhan_ashari

Saat garam sudah larut, masukkan spageti dengan trik khusus. Nah, genggam spageti menggunakan dua tangan, lalu putar, dan lepas di atas panci. Dengan begitu spageti bisa menyebar secara merata di dalam panci.

foto: TikTok/@firhan_ashari

Saat merebus spageti, kamu tak perlu menambahkan minyak goreng ke air rebusan. Kamu bisa menambahkan minyak saat spageti sudah matang. Rebus spageti jangan terlalu lama, ya. Cukup 7 menit tanpa kurang dan lebih. Dijamin spageti matang sempurna secara al dente.

foto: TikTok/@firhan_ashari

Saat sudah 7 menit, langsung angkat, dan sisihkan spageti ke dalam wadah. Jika tidak ingin mengolahnya secara langsung, kamu bisa menambahkan minyak goreng ke dalam wadah. Sambil hentak-hentakkan agar minyak bisa merata ke keseluruhan sisi spageti.

Video yang sudah ditonton sebanyak 2 juta kali ini mendapatkan respons dan komentar baik dari para warganet. Banyak yang ingin meniru mengolah spageti dengan teknik tersebut saat di rumah.

“oo dikasi minyak ya,PANTES TIAP GUA MASAK SPAGHETTI = LENGKET DAN KAKU, ,” tulis akun TikTok/@i'm bluebub.

“pantesan gua masak spageti lama bnget," ujar akun TikTok/@ TIM SUHOO.

"berguna banget ya bun," kata akun TikTok/@Apri .

"ohh 7 menit, pantesan kalo dimasak nunggunya lama bat, gua kira sama kaya indomie cuma 3 menitan ," ucap akun TikTok/@Danang.

"makasih kak ilmunya," komentar akun TikTok/@Leo.