Brilio.net - Di zaman modern yang serba canggih seperti ini, menanak nasi di rice cooker menjadi hal yang sangat lumrah. Mengandalkan rice cooker memang cenderung lebih mudah dan praktis. Kamu tinggal memasukkan beras, menekan tombol 'cook', dan menunggu nasi matang dengan sendirinya.

Walaupun begitu, masih ada orang yang justru lebih memilih untuk menanak nasi di kompor menggunakan panci dapur, lho. Pasalnya, beberapa orang menganggap nasi yang dimasak di kompor cenderung lebih enak saat disantap.

Meski dimasak dengan teknik tradisional, menanak nasi di kompor juga memiliki keunggulan lain, nih. Mulai dari menghemat penggunaan listrik hingga menghasilkan nasi yang lebih pulen dan tahan lama. Namun tidak hanya itu, aroma nasi juga jadi lebih wangi.

Sayanganya, sebagain orang lain menilai menanak nasi di kompor lebih ribet dan sulit. Belum lagi jika caranya tidak tepat, nasi malah lengket, terlalu lembek, atau bahkan masih keras, serta nggak pulen. Benar adanya jika menanak nasi di kompor butuh cara tersendiri, sih.

Tak perlu cemas maupun bingung, coba ikuti trik menanak nasi yang BrilioFood kutip dari TikTok/@imemey2589 pada Senin (15/8). Melalui video TikTok/@0888ss yang dia unggah, tanpa peralatan khusus, nasi bisa dibuat menjadi pulen dan matang sempurna pakai api kompor.

foto: TikTok/@imemey2589

Pertama, cuci beras terlebih dahulu seperti biasa. Setelah nasi dicuci, tuang air secukupnya dengan takaran sesuai beras. Kemudian masak di kompor. Pastikan api yang digunakan tidak telalu besar, ya.

Setelah air mendidih dan mulai asat, aduk nasi secara perlahan. Jangan lupa kecilkan api hingga yang paling kecil. Kemudian, tutup panci dan tunggu selama 10 menit. Setelah itu, buka tutup panci, dan cek kematangan nasi. Aduk kembali agar tidak ada yang menempel.

foto: TikTok/@imemey2589

Ketika menanak nasi di kompor, salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan adalah penggunaan api. Jika api terlalu besar, maka akan sangat mungkin nasi justru lengket di panci dan tidak dapat matang dengan sempurna. Nasi yang menempel di panci pun akan berpotensi menjadi kerak dan membuatnya justru terbuang sia-sia. Hal ini juga turut dijelaskan oleh pemilik video melalui kolom komentarnya.

"kalau api kecil gak ada intipnya (kerak nasi) bun. kalau apinya kegedean yg ada intipnya." jelasnya.

foto: TikTok/@imemey2589

Sudah ditonton lebih dari 32 ribu kali, video tersebut sukses menarik perhatian warganet. Beberapa penghuni dunia maya juga ikut menanggapi video tersebut. Ada pula yang menyarankan supaya pakai kukusan biar nasi lebih sehat dan tetap enak.

"sy beras langsung dikukus alhamdulillah ga mkn waktu, dan lebih sehat. dari pada megic com," ungkap pemilik akun TikTok/@syahab128.

"klau saya biasa ngroncong di msak setengah mateng truz di kukus," papar akun TikTok/@miftha130396.

foto: TikTok/@imemey2589

Tak sedikit pula yang menilai trik menanak nasi pakai kompor tersebut begitu bermanfaat.

"makasih bun," tulis akun TikTok/@0888ss dalam kolom komentar.

"waaah bermanfaat sekali makasi bunda," ucap akun TikTok/@autumnoises.

"oh ditutup 10 menit mateng trnyata y bun," kata akun TikTok/@lies1204.