Brilio.net - Nasi dan masyarakat Indonesia seolah sudah menjadi pasangan yang tak terpisahkan. Luasnya sawah di negara agraris ini menunjukkan ketergantungan masyarakatnya terhadap beras atau nasi. Di Indonesia, nasi merupakan salah satu makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari.

Nasi memang kerap dijadikan sebagai sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini lantaran nasi mengandung kalori yang memberikan energi bagi mereka yang mengonsumsinya. Tak heran jika kemudian nasi dipilih sebagai menu makan utama sehari-hari.

Untuk menanak nasi, sebagian besar orang Indonesia kini menggunakan alat elektronik otomatis atau yang lebih populer dengan istilah rice cooker. Alat elektronik satu ini memang kerap diandalkan untuk menanak nasi karena lebih praktis dan nasi yang dihasilkan pun bisa matang dengan sempurna.

Walau terkesan simpel dan praktis, namun penggunaan rice cooker sendiri bukan berarti tak ada kendala. Salah satu kendala yang sering dijumpai adalah nasi akan cepat mengering karena selalu dihangatkan. Lantas jika dibiarkan terlalu lama, nasi akan mengering dan menempel pada permukaan panci rice cooker.

Nasi yang kering dan menempel seperti ini berpotensi menyebabkan timbulnya kerak yang mengeras dan cenderung sulit dibersihkan. Sebagian besar dari orang biasanya akan membersihkannya dengan cara direndam terlebih dahulu di dalam air.

Namun cara tersebut justru membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, merendam panci rice cooker dalam air juga tidak sepenuhnya mengangkat kerak nasi, terutama yang sangat kering dan keras. Sedangkan penggunaan panci rice cooker yang tidak bersih akan menyebabkan beberapa masalah. Seperti kualitas nasi yang cenderung buruk, nasi jadi cepat basi, bahkan tidak sehat jika dikonsumsi oleh tubuh.

Sebuah video di TikTok membeberkan cara bersihkan kerak nasi dengan simpel tanpa perlu direndam terlebih dahulu. Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@khairazaaa pada Rabu (17/8), merendam panci dengan air biasa tidak bisa sepenuhnya membersihkan kerak nasi yang menempel.

foto: TikTok/@khairazaaa

"Lah, walaupun itu panci sudah direndam satu hari satu malam, sampai lebaran, itu masih lengket banget," jelasnya.

Untuk membersihkan kerak nasi dengan cepat, tuang air ke dalam panci yang berkerak. Lalu masukkan lagi ke dalam rice cooker. Kemudian tekan tombol 'cook' seperti yang dilakukan saat menanak nasi biasa. Nah, setelah airnya mendidih dan rice cooker  mengeluarkan uap panas, matikan rice cooker. Biarkan terlebih dahulu hingga agak dingin. Kerak nasi pun akan terkelupas dengan sendirinya.

foto: TikTok/@khairazaaa

Air mendidih pada panci rice cooker bisa membuat kerak lebih mudah terkelupas. Sedangkan jika menggunakan air dingin, kerak nasi akan butuh waktu lebih lama supaya terkelupas dengan sempurna.

foto: TikTok/@khairazaaa

Supaya listrik tidak terbuang dengan sia-sia, pengguna TikTok/@khairazaaa ini pun memanfaatkan proses membersihkan panci rice cooker tersebut sambil merebus telur di dalamnya. Lantas, jika sudah didiamkan beberapa saat, siram panci rice cooker dengan air dingin supaya keraknya lebih mudah dibersihkan.

Setelah itu, korek kerak nasi dengan centong untuk mengangkat kerak nasi yang masih menempel. Pastikan untuk tidak menggunakan alat stainless supaya panci tidak tergores dan rusak. Buang air dan cuci panci seperti biasa dengan spons. Sisa nasi yang masih menempel pun akan lebih mudah dibersihkan.

foto: TikTok/@khairazaaa

Cara membersihkan kerak nasi seperti ini cenderung membuat panci rice cooker lebih awet dan tahan lama. Pengguna akun TikTok/@khairazaaa ini juga memberitahu panci yang digunakan sudah berumur enam tahun, namun kondisinya tetap mulus dan sangat minim goresan. Selain itu, waktu membersihkannya juga terbilang cepat. Sangat efektif dan efisien dipraktikan jika hendak menanak nasi namun belum sempat merendamnya.

foto: TikTok/@khairazaaa

Ditonton lebih dari 15 ribu kali, video tersebut pun menarik perhatian warganet. Bahkan ada yang telah menerapkan cara tersebut dan mengaku efektif membersihkan kerak nasi dengan cepat. Ada juga warganet yang merasa video tersebut bermanfaat dan mudah untuk ditiru.

 

"Mksh mom informasi nya,SGT bermanfaat," ungkap akun TikTok/@bundamuti__.

"Sama bun saya juga bgitu," tulis pengguna TikTok/@fittrie_eff.

"Okey makasih bun," kata TikTok/@alant.leonhartz18.

"Mantap," ujar akun TikTook/@estrjois.