Brilio.net - Rebung nama lain dari tunas bambu, sering dijadikan bahan masakan. Punya rasa cenderung manis dan tekstur cukup renyah, rebung biasa diolah jadi aneka sayuran dan isian lumpia khas Semarang. Rebung dikenal pula akan khasiatnya untuk kesehatan.

Dilansir dari ift.onlinelibrary.wiley.com, penelitian menunjukkan bahwa rebung bisa membantu melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, menyembuhkan penyakit kronis, menjaga imun tubuh tetap kuat, dan masih banyak lagi.

Sayangnya meski punya segudang manfaat, tapi banyak pula yang menghindari makanan satu ini, nih. Bagi sebagian orang, rebung rasanya kurang lezat karena aromanya cukup bau atau tak terlalu sedap. Bau langu pada rebung ini bisa sangat kuat walaupun sudah dimasak.

Oleh karena itu, sebelum dimasak, alangkah baiknya menghilangkan terlebih dahulu baunya, ya. Nggak perlu khawatir, ada cara simpel untuk menghilangkan bau rebung yang telah BrilioFood kutip dari akun TikTok/@dhylook pada Rabu (17/8).

Caranya cukup mengandalkan satu bumbu dapur, yaitu jahe. Dilansir dari sciencedaily.com, jahe dapat menghilangkan bau tak sedap karena mempunyai kandungan enzim yang bisa memecah aroma tidak enak tersebut jadi menghilang.

"Tips menghilangkan bau pada REBUNG Ini cara aku, kalo kalian caranya gimana? yuk sharing," tulisnya melalui video TikTok/@dhylook.

foto: TikTok/@dhylook

Siapkan dan kupas rebung. Kemudian iris tipis terlebih dahulu. Siapkan panci berukuran cukup besar untuk merebus rebungnya, lalu tambahkan satu ruas jahe yang sudah diiris tipis.

foto: TikTok/@dhylook

Setelah itu, ia tuang air sampai seluruh rebung dan jahe terendam sempurna. Kemudian, ia rebus sampai mendidih. Cukup pakai api cenderung sedang ke kecil biar nggak mudah meluap.

foto: TikTok/@dhylook

Saat air rebusan sudah mulai kecokelatan, sisihkan dan air diganti baru. Pemilik akun tersebut mengganti air rebusannya sebanyak dua kali, jadi total tiga kali merebus.

"Lakukan sampai tiga kali pengrebusan," jelasnya.

Setelah selesai direbus, tiriskan air. Rebung pun siap diolah jadi aneka hidangan lezat.

foto: TikTok/@dhylook

Video yang diunggah oleh TikTok/@dhylook dinilai bermanfaat bagii para penghuni dunia maya lain. Tak sedikit warganet yang turut berkomentar mengenai cara menghilangkan bau pada rebung tersebut.

"nice tips makasih tipsnya," tulis akun TikTok/@Anyisna di kolom komentar.

"kalau aku rebung direbus sp 3 kali dan terakhir direbus dg air kelapa rebungnya lgs putih baru digunakan," ujar akun TikTok/@Hady Ida Hendrawati.

"makasii tipsnya kk," kata akun TikTok/@Mega Yang.

"itu jahe atau lengkuas kak?," tanya pemilik akun TikTok/@arycndraa.

"3 kali perebusan per 10 menit kah tiap rebusan," tutur akun TikTok/@user7716856104712.