10 Bahan masakan ala Andrea Dian, ampuh jaga tubuh selalu sehat

13 / 05 / 2022 14:02 WIB Annathiqotul Laduniyah
10 Bahan masakan ala Andrea Dian, ampuh jaga tubuh selalu sehat
Instagram/@andreadianbimo

Brilio.net - Andrea Dian merupakan salah satu selebriti yang dikenal menerapkan pola hidup sehat. Melalui akun Instagram pribadi, wanita 37 tahun ini kerap membagikan tips dan trik tentang gaya hidup sehat yang dia lakukan. Mulai dari informasi seputar kesehatan, olahraga, hingga tips makan sehat.

"Simple.. Aku gamau sakit. Sakit itu rasanya ga enak & mahal. Setuju? Jadi mending cari cara supaya hidup kita sehat & bahagia, biar bisa menikmati hidup ini & ngejaga / ngurus orang2 yg kita sayang," jelas Andrea Dian melalui Instagram @andreadianbimo.

Soal mengonsumsi makanan sehat, Andrea Dian nggak melulu mengandalkan menu dari restoran. Dia juga sering memasak sendiri supaya lebih terjaga dan terjamin kualitasnya. Tak cuma dari segi bahan, teknik atau cara memasak yang sehat pun dipilih oleh istri Ganindra Bimo ini.

Bahan yang digunakan dalam aneka masakannya pun nggak sembarangan. Dia pun tak ragu untuk mengganti bahan yang sekiranya kurang sehat. Misalnya mengganti penggunaan minyak yang mengandung lemak baik. Dengan begitu, tubuhnya akan menyerap nutrisi yang dibutuhkan dengan maksimal demi menunjang kesehatan tubuh. Tidak hanya mengganti minyak, Andrea Dian juga menggunakan sejumlah bahan makanan yang sehat lain ketika memasak.


Ingin tahu apa saja bahan masakan sehat ala Andrea Dian? Yuk, simak ulasannya lebih lanjut, BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (13/5).

1. Olive oil.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: Instagram/@andreadianbimo

Walaupun konsisten menjalani diet, namun Andrea Dian tidak menghindari penggunaan minyak dalam memasak. Tapi untuk membuat menu makannya lebih sehat, dia akan mengganti penggunaan minyak yang lebih sehat dengan olive oil atau minyak zaitun.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, minyak zaitun kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Minyak satu ini juga mengandung lemak tak jenuh yang sangat aman dikonsumsi.

2. Almond milk.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: Instagram/@andreadianbimo

Menghindari produk susu membuat Andrea Dian akhirnya menggantinya dengan produk lain. Ketika ingin memaska dan membutuhkan bahan susu, dia menggunakan susu almond. Dilansir dari webmd.com, susu almond kaya akan vitamin E yang merupakan antioksidan penting untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, hingga stroke.

3. Bumbu perasa dari garam, lada hitam, dan bawang putih bubuk.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: Instagram/@andreadianbimo

Saat memasak, Andrea Dian tidak menggunakan penambah rasa dari kaldu bubuk maupun MSG. Dia selalu menekankan rasa pada masakan melalui penggunaan garam, lada hitam, dan bawang putih bubuk.

"Kalo masak sendiri, biasanya cuma pake salt, pepper, garlic. Jarang banget pake banyak bumbu," ungkap Andrea Dian dikutip dari Instagram/@andreadianbimo.

Dilansir dari mayoclinic.org, menambahkan MSG sebagai penambah rasa pada masakan bisa menimbulkan beberapa efek kesehatan seperti sakit kepala, nyeri dada, hingga detak jantung yang cepat.

4. Minyak kelapa.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: Instagram/@andreadianbimo

Selain menggunakan olive oil, Andrea Dian juga beberapa kali memakai minyak kelapa untuk memasak. Dilansir dari healthline.com, minyak kelapa bisa mendukung proses pembakaran lemak sekaligus jadi sumber energi yang cepat diserap dan digunakan oleh tubuh.

5. Zukini.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: Instagram/@andreadianbimo

Walau sekilas tampak sama, namun zukini dan timun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mulai dari rasa dan manfaatnya. Dibandingkan timun, Andrea Dian sendiri sering menggunakan zukini ketika memasak maupun dibuat jadi salad.

Dilansir dari eatingwell.com, zukini padat akan nutrisi. Zukini mengandung vitamin C, potassium, dan magnesium. Selain itu, vitamin dan mineral di dalamnya juga mampu melindungi kulit dan memperkuat tulang.

6. Shirataki atau quinoa.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: Instagram/@andreadianbimo

Sedangkan untuk sumber karbohidrat, Andrea Dian mengganti penggunaan nasi dengan shirataki atau quinoa. Baik shirataki dalam bentuk beras atau mi. Dua bahan makanan ini cenderung lebih tinggi serat serta bisa dikonsumsi langsung atau diolah lagi jadi menu makan sehat.

"Kalau aku lebih suka shirataki, karena dia low calorie, sih. Kalau beras merah itu kayak masih banyak kalorinya, jadi mesti hati-hati takaran makannya sih," lanjutnya dikutip dari Instagram/@andreadianbimo.

7. Dada ayam.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: YouTube/@AndreaBimo

Protein sangat berguna untuk membentuk otot secara baik selama berolahraga. Selain itu, protein juga bisa jadi cadangan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menjaga asupan proteinnya, Andrea Dian menggunakan daging ayam bagian dada. Selain mudah diolah, dada ayam juga memiliki kandungan lemak yang sedikit dibandingkan jenis daging lain.

"Untuk daging jangan yg terlalu berlemak ya," tuturnya dikutip dari Instagram/@andreadianbimo.

8. Alpukat.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: Instagram/@andreadianbimo

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk memenuhi asupan nutrisi ini, Andrea Dian memilih bahan makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat. Lemak tak jenuh pada alpukat bisa jadi sumber energi dalam beraktivitas.

Dilansir dari foodnetwork.com, lemak sehat pada alpukat sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung, tekanan darah, kesehatan mata, hingga penurunan berat badan.

9. Lemon.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: YouTube/@AndreaBimo

Jeruk lemon memiliki aroma citrus yang lebih kuat dibandingkan nipis. Saat membuat masakan, terutama yang berbahan daging, Andrea Dian kerap menggunakan lemon untuk mengurangi aroma amis dan menambah rasa segar pada masakan.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, lemon bisa jadi sumber vitamin C dan flavonoid sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit dan meningkatkan imun tubuh.

10. Chia seeds.

bahan masakan Andrea Dian berbagai sumber

foto: Instagram/@andreadianbimo

Tidak sedikit masakan yang dibuat oleh Andrea Dian Selalu ditambahkan chia seeds. Dikenal kaya manfaat, chia seeds memang baik dikonsumsi oleh tubuh. Dilansir dari webmd.com, chia seeds mengandung antioksidan dan serat tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA