10 Pola makan Tora Sudiro, tubuh kian bugar dan bobot turun 12 kg

13 / 05 / 2022 17:02 WIB Shahfara Raida
10 Pola makan Tora Sudiro, tubuh kian bugar dan bobot turun 12 kg
Instagram/@t_orasudi_ro

Brilio.net - Program diet tampaknya tengah jadi tren di kalangan selebriti Tanah Air. Bahkan, banyak dari mereka yang berkonsultasi langsung dengan dokter gizi mengenai diet yang cocok untuk tubuh masing-masing. Sama seperti Tora Sudiro, sejak 2021, ia sudah menjalani program diet bareng sang istri, Mieke Amalia.

Melalui diet yang disebut-sebut sehat dan tanpa menyiksa, Tora Sudiro berhasil memangkas berat badannya hingga 12 kg. Selain rutin olahraga, Tora Sudiro juga menjaga pola makan sehat. Dilansir dari verywellfit.com, diet makanan utuh bisa bantu meningkatkan kebugaran tubuh dan berat badan secara sehat.

Hingga kini, Tora Sudiro pun masih menerapkan diet dengan mengatur asupan makanan dan minuman tertentu.

"Uda turun 12 kilo gw ," tulis Tora Sudiro di Instagram/@t_orasudi_ro.


Berikut sederet pola makan yang dilakukan oleh Tora Sudiro, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Jumat (13/5).

1. Rajin minum susu almond.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Unsplash/dhanya purohit

Tora Sudiro biasa minum susu almond selama diet. Menurutnya, minum susu almond tak hanya menyehatkan tubuh, tetapi membuat nafsu makannya juga lebih terkontrol. Dilansir dari healthline.com, jenis susu almond rendah kalori yang bisa membantu turunkan berat badan.

"Minum ini setelah berbuka dan sahur bikin makan gue lebih terkontrol dan gak kalap. Udah gitu, pencernaan jadi lebih lancar, kadar kolesterol juga terkontrol dan mengurangi resiko diabetes," jelas pemain film Warkop DKI Reborn ini dikutip dari Instagram/@t_orasudi_ro.

2. Mengonsumsi sayuran hijau.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Unsplash/Dim Hou

Tora Sudiro memperbanyak makan sayuran hijau agar dietnya tetap lancar. Dilansir dari ndtv.com, sayuran hijau nggak hanya mampu membantu turunkan berat badan, tetapi juga menyehatkan tulang, gigi, mencegah anemia, menurunkan risiko kanker, dan masih banyak lagi. Sayuran hijau yang baik buat diet umumnya bisa didapat dari bayam, brokoli, selada, dan lainnya.

3. Menghindari makanan yang digoreng pakai minyak.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Instagram/@t_orasudi_ro

Gorengan memang sulit ditolak karena lezat dan renyah. Nah, Tora Sudiro punya cara biar tetap bisa makan gorengan saat diet, nih, yakni dengan memasak pakai alat air fryer. Dilansir dari medicalnewstoday.com, gorengan yang dimasak pakai air fryer terbukti lebih sehat dan aman buat diet karena tak perlu pakai minyak.

4. Mengonsumsi daging sapi.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Instagram/@t_orasudi_ro

Sesekali Tora Sudiro mengonsumsi daging sapi, misalnya selat Solo. Dilansir dari beefcentral.com, daging sapi punya antioksidan yang cukup tinggi untuk bikin tubuh selalu fit. Sementara itu, kandungan proteinnya ampuh mendukung program diet dan memberi energi buat olahraga, lho.

5. Makan telur rebus.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Unsplash/Tamanna Rumee

Tora Sudiro kerap mengonsumsi telur. Biasanya ia mengolah telur dengan cara direbus. Dilansir dari bbcgoodfood.com, telur nggak hanya kaya protein, tetapi juga rendah kalori untuk membantu mengontrol berat badan serta kolesterol jahat di tubuh biar nggak mudah melonjak.

6. Mengurangi gula.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Unsplash/Robert Anderson

Dilansir dari webmd.com, mengurangi kadar gula yang masuk ke dalam tubuh manfaatnya banyak sekali buat kesehatan, lho. Di antaranya bisa membantu mencegah berat badan naik, menurunkan risiko obesitas, menyehatkan jantung, mencegah diabetes, dan masih banyak lagi.

7. Banyak minum air putih.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Instagram/@t_orasudi_ro

Selain minum susu almond, Tora Sudiro juga mencukupi kebutuhan air putihnya setiap hari. Dilansir dari medicalnewstoday.com, air putih wajib dikonsumsi saat diet karena bisa menekan nafsu makan, membantu membakar lemak, mendetoks tubuh, menurunkan kadar kalori, dan menambah energi.

8. Makan buah-buahan.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Unsplash/Jo Sonn

Disebutkan sebelumnya jika Tora Sudiro mengurangi asupan gula. Nah, biar tetap dapat mengonsumsi makanan manis, ia cukup mendapatkannya dari buah-buahan. Dilansir dari hsph.harvard.edu, buah-buahan punya segudang nutrisi untuk menyehatkan tubuh, bikin tubuh segar, berat badan turun, mengontrol kadar gula darah, dan lain sebagainya.

9. Mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Instagram/@t_orasudi_ro

Tora Sudiro masih mengonsumsi nasi, dengan catatan, nasi yang ia konsumsi berasal dari beras merah. Sudah jadi rahasia umum kalau nasi merah bermanfaat banget buat diet turunkan berat badan. Dilansir dari healthshots.com, nasi merah ini tinggi serat untuk menurunkan berat badan.

10. Menghindari makanan olahan.

Pola makan Tora Sudiro  berbagai sumber

foto: Unsplash/Robin Stickel

Tora Sudiro tak lagi makan aneka olahan. Kesehariannya ia lebih memilih mengonsumsi bahan makanan utuh, baik dari sayuran, buah-buahan, daging hewani, maupun lainnya. Dilansir dari eatthis.com, manfaat menghindari makanan olahan saat diet bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, beralih ke makanan utuh juga bisa bikin mood lebih baik, menyehatkan kulit, menambah pasokan energi, mendukung aktivitas fisik, dan masih banyak lagi.

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA