10 Sayuran ampuh mengatasi anemia, tanpa efek samping

10 Sayuran ampuh mengatasi anemia, tanpa efek samping
foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Brilio.net - Anemia merupakan penyakit yang kerap dialami sejumlah orang. Dilansir dari kemkes.go.id, angka kasus anemia di Indonesia bisa dibilang cukup tinggi, terutama pada remaja yang mencapai 32% pada data 2018 lalu. Menurut WHO, anemia dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi.

Bisa dari kekurangan konsumsi asam folat, zat besi, vitamin B12, hingga vitamin A. Di sisi lain, ada pula penyebab anemia melalui infeksi seperti malaria, tuberkulosis, serta HIV. Untuk mengatasinya, sudah pasti menyesuaikan dengan penyebab anemia itu sendiri. Penting pula untuk mendapat anjuran dari dokter agar penanganannya tepat.

Dilansir dari mayoclinic.org, sejumlah anemia bisa terbantu dengan mengonsumsi berbagai makanan. Misalnya pada anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, bisa mengatur pola makan tinggi zat besi untuk mengurangi gejala anemia. Nah, ada sejumlah sayuran yang bisa membantu atasi anemia, lho.

Sayuran-sayuran ini aman dikonsumsi setiap hari dan tanpa memberi efek samping. Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (3/5), berikut 10 sayur bisa mengatasi anemia yang ampuh dan tanpa efek samping.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya