11 Cara Alyssa Soebandono masak kolak tanpa santan, jadi takjil sehat

11 Cara Alyssa Soebandono masak kolak tanpa santan, jadi takjil sehat
foto: Instagram/@ichasoebandono

Brilio.net - Dari berbagai macam takjil, kolak menjadi salah satu menu takjil yang paling umum ditemui saat bulan Ramadan. Kolak sendiri bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti pisang, ubi, singkong, atau kolang-kaling. Bahan tersebut kemudian direbus dalam kuah santan dan gula merah.

Penggunaan santan membuat rasa santan jadi sedikit gurih. Sayangnya mengonsumsi santan terlalu sering juga tidak baik bagi tubuh, lho. Dilansir dari medicalnewstoday.com, santan mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Hal ini tidak hanya berdampak pada penambahan berat badan, namun juga kolesterol jahat.

Tidak heran jika kemudian beberapa orang mulai mencari alternatif pengganti santan saat hendak membuat kolak, seperti yang dilakukan Alyssa Soebandono. Supaya kolak bisa jadi takjil yang menyehatkan, istri Dude Harlino ini mengganti penggunaan santan dengan bahan lain.

"Memang yang kita tahu kan, makan santan tiap hari kan kurang baik untuk kesehatan kita. Jadi kita mencoba mencari alternatif gimana nih biar tetep makan makanan yang kita suka, tapi dengan cara yang lebih sehat," ungkap Alyssa Soebandono dikutip dari YouTube/The Harlinos Story.

Alternatif pengganti santan yang digunakan Alyssa Soebandono adalah susu atau krimer. Tidak hanya lebih aman, kolak sehat ala Alyssa Soebandono ini juga cocok dikonsumsi anak-anak, karena mengandung kalsium dan zat besi yang baik untuk pertumbuhannya. Cara membuatnya pun cukup mudah dan lebih simpel.

Penasaran seperti apa? Dilansir BrilioFood dari YouTube/The Harlinos Story pada Selasa (19/4), berikut 11 cara Alyssa Soebandono membuat kolak tanpa santan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya