11 Foto pembuatan jus mangga di India ini disebut nggak higienis, blender manual pakai tangan

11 Foto pembuatan jus mangga di India ini disebut nggak higienis, blender manual pakai tangan
foto: Facebook/Indian foodiee

Brilio.net - India terkenal sebagai salah satu negara di Asia Selatan yang punya budaya kuliner unik. Kuliner di India diketahui kaya akan rempah, contohnya seperti samosa, sup masala, nasi biryani, roti naan, dan lain sebagainya. Sejumlah hidangan khas India ini pun sudah dikenal banyak orang di seluruh belahan dunia lainnya, tak terkecuali Indonesia.

Sudah banyak restoran di Indonesia yang mendagangkan aneka hidangan India ini, lho. Belum lagi, masyarakat kini semakin mudah mengakses aneka resep hidangan dari negara Bollywood ini lewat media sosial, sehingga bisa membuat sendiri di rumah. Di samping itu, ada pula hidangan khas India lain yang juga sering jadi sorotan di media sosial, yakni street foodnya.

Namun, street food di India tampaknya lebih identik dengan cara pembuatannya yang kurang higienis, lho. Ada hidangan yang diaduk menggunakan tangan maupun kaki telanjang, diuleni di lantai langsung tanpa alas apap un, dimasak di wajan berpasir, dan masih banyak lagi. Salah satunya ada jus buah dijual oleh pedagang kaki lima.

Lewat unggahan di Facebook Indian foodiee, diperlihatkan kegiatan membuat jus mangga oleh salah seorang pedagang. Tetapi, jika jus buah pada umumnya dihaluskan menggunakan blender, berbeda dengan di India yang langsung diaduk dan diperas menggunakan tangan. Di sisi lain, proses-proses selanjutnya untuk membuat jus mangga di India ini juga jauh berbeda dengan jus pada umumnya, lho.

Penasaran gimana saja pembuatan jus mangga ala street food di India? Berikut 11 foto pembuatan jus mangga di India ini disebut nggak higienis, dirangkum BrilioFood dari Facebook Indian foodiee, Minggu (5/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya