11 Makanan bantu menjaga kesehatan pankreas, bisa rutin dikonsumsi

12 / 12 / 2021 10:36 WIB Nur Luthfiana Hardian
11 Makanan bantu menjaga kesehatan pankreas, bisa rutin dikonsumsi
freepik.com

Brilio.net - Pankreas adalah organ yang berada di dalam perut, tepat berada di bawah hati. Pankreas merupakan kelenjar endoktrin yang berfungsi membuat enzim pencernaan. Sebab itu pula pankreas penting atau begitu dibutuhkan pencernaan dan metabolisme. Organ ini juga membantu menyeimbangkan jumlah gula darah, mengubah makanan menjadi bahan bakar untuk tubuh.

Sama seperti organ lain, keberadaan pankreas itu termasuk vital. Sudah sewajarnya kalau kamu menjaga kesehatan pankreas. Hindarkan dari segala bentuk penyakit. Karena segala bentuk kerusakan pada pankreas dapat membuatnya tidak berfungsi, baik sebagian atau seluruhnya.

Dilansir dari healthline, faktor gaya hidup, seperti diet tinggi karbohidrat olahan dan bahan sintetis, dapat merusak pankreas dan seiring waktu bisa membatasi fungsi organ ini. Kebalikannya, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan asam folat dapat membantu menjaga pankreas.

Berikut adalah bagaimana cara kamu bisa tetap menjaga kesehatan pankreas melalui sejumlah makanan. Apa saja yang sebaiknya kamu konsumsi? Berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (12/12).


1. Sayuran silangan.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Dilansir dari ndtv.com, sayuran cruciferous atau sayur silangan masuk ke daftar karena nilai gizinya yang tinggi. Brokoli, kubis brussel, kembang kol, dan kubis sangat bermanfaat untuk melindungi pankreas dari tumor. Jadi jangan berpikir dua kali, bawa pulang lebih banyak sayuran ini dan masaklah sesuai keinginan untuk mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

2. Lemon.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Makanan asam seperti lemon meningkatkan produksi enzim pencernaan dalam tubuh. Lemon dapat menjaga pankreas supaya tetap dalam kondisi baik.

3. Kiwi.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Tak cuma lemon, buah kiwi dengan rasa asam manis ini juga menjadi salah satu pelindung pankreas secara alami. Mengonsumsi buah kiwi secara teratur dipercaya dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan dalam tubuh.

4. Oregano.

makanan pankreas pixabay

foto: pixabay.com

Bahan makanan ini menjadi ramuan populer buat kesehatan. Selain dapat memberikan rasa khas pada makanan, oregano efektif untuk oksidasi (mengikat oksigen) dan menangkal diabetes. Sifat oregano ini mencegah kerusakan pada organ penghasil insulin.

5. Dandelion.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Sifat yang dimiliki akar dandelion sangat populer untuk mengobati kanker. Untuk pankreas, akar ini bertindak sebagai pengobatan yang efektif untuk sel kanker agresif.

Ini sangat bermanfaat bagi orang yang resisten terhadap pengobatan kanker lainnya. Minum teh dandelion dapat membantu mengeluarkan racun dari usus dan dapat menyembuhkan jaringan pankreas yang rusak.

6. Bawang putih.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Bawang putih seolah menjadi bantuan utama untuk pankreas. Bawang putih membantu mengurangi jumlah gula dalam darah dengan meningkatkan produksi insulin. Makan dua siung bawang putih yang sudah dihancurkan setiap hari atau tambahkan ke makanan. Kamu juga bisa minum teh bawang putih setiap hari. Tambahkan beberapa serpihan parsley untuk mengurangi bau mulut akibat bawang putih.

7. Tahu.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Saat kamu punya rencana menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan, usahakan untuk mengonsumsi protein rendah lemak. Terutama saat kamu berusaha mencari makanan sehat untuk pankreas. Nah, tahu adalah sumber protein rendah lemak. Tahu dapat membantu pencernaan dan melindungi pankreas dari kerusakan.

8. Anggur merah dan apel.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Anggur merah dan apel keduanya memiliki resveratrol (efek antioksidan). Menurut healthline, resveratrol dapat membantu menekan sel kanker di pankreas. Anggur dan apel juga tinggi serat .

9. Bluberi.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Blueberi kaya akan antioksidan yang baik buat kesehatan pankreas. Ketika kamu memasukkan lebih banyak antioksidan, risiko peradangan pada tubuh bisa turun. Antioksidan juga membantu tubuh melawan radikal bebas.

10. Kacang panjang dan lentil.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Kacang panjang dan lentil mengandung protein tinggi. Itulah sebabnya kedua makanan ini direkomendasikan untuk kesehatan pankreas. Campurkan dua bahan makanan ini ke dalam masakan atau olah menjadi jus. Mengonsumsi secara rutin dua bahan makanan ini dapat meningkatkan protein tubuh.

11. Sayuran berdaun hijau.

makanan pankreas pixabay

foto: freepik.com

Sayuran berdaun hijau kaya akan antioksidan serta folat. Antioksidan adalah kunci utama untuk menambah nutrisi tubuh. Peningkatan asupan antioksidan dapat membantu mengurangi risiko sakit pankreas. Contoh sayuran berdaun hijau adalah bayam, kubis, dan arugula.

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA