13 Cara Kimberly Ryder masak oyakodon khas Jepang, cuma pakai 4 bahan

05 / 05 / 2022 14:31 WIB Annathiqotul Laduniyah
13 Cara Kimberly Ryder masak oyakodon khas Jepang, cuma pakai 4 bahan
Instagram/@kimbrlyryder

Brilio.net - Di Jepang, oyakodon dikenal sebagai salah satu sajian semacam rice bowl dengan topping ayam, telur, dan irisan daun bawang. Bahan-bahan tersebut kemudian direbus bersama dashi atau kaldu khas Jepang.

Namun jika ingin mencicipi oyakodon, kamu tak perlu jauh-jauh ke Jepang, lho. Oyakodon pada dasarnya bisa dibuat sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan lokal. Sama seperti yang pernah dilakukan oleh Kimberly Ryder.

Cukup dengan empat bahan dasar, Kimberly Ryder membuat oyakodon khas Jepang dengan bahan-bahan lokal yang mudah ditemui di Indonesia. Khususuntuk dashi atau kaldu khas Jepang, supaya lebih mudah akhirnya Kimberly Ryder menggantinya dengan kaldu ayambiasa.

"Dan ini tuh sebenernya termasuk comfort food (makanan yang menenangkan) orang Jepang. Jadi, ini homie (rumahan) banget lah rasanya," ungkap Kimberly Ryder dikutip dari YouTube/edward kimberly.

Kimberly Ryder juga tidak menggunakan mirin, sake, gula, dan minyak supaya halal, aman, dan lebih sehat saat dikonsumsi anak-anak. Langsung saja, yuk simak cara membuat oyakodon ala Kimberly Ryder, BrilioFood rangkum dari YouTube/edward kimberly pada Kamis (5/5).

Bahan yang dibutuhkan:
- Dada ayam
- 3 butir telur
- 1 bawang bombay ukuran kecil
- Daun bawang secukupnya

Bumbu:
- 1,5 sdm soy sauce (kecap Jepang)
- 1/2 cup kaldu ayam
- Bubuk cabai (jika suka pedas)

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA