25 Manfaat bayam hijau untuk kesehatan dan kecantikan, tingkatkan imun

25 Manfaat bayam hijau untuk kesehatan dan kecantikan, tingkatkan imun
foto: freepik.com

Brilio.net - Salah satu sayuran hijau yang digemari banyak orang dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket adalah bayam. Bayam atau Spinacia oleracea adalah sayuran berdaun hijau yang berasal dari Persia.

Selain enak, bayam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nggak kalah dengan manfaat bayam merah, bayam hijau juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C.

Tak hanya kaya akan vitamin, bayam hijau juga mengandung berbagai mineral seperti magnesium, asam folat, zat besi, potassium, kalsium dan sodium. Kandungan vitamin yang banyak, membuat orang yang mengonsumsi bayam akan lebih sehat karena kebutuhan nutrisi hariannya dapat tercukupi.

Selain dapat menjaga kesehatan, mengonsumsi bayam juga bermanfaat untuk kecantikan. Di antaranya mengatasi masalah pada kulit dan rambut. Hal tersebut dikarenakan sayuran berdaun bulat ini mengandung segudang nutrisi penting seperti vitamin A, C, K dan kaya antioksidan.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat bayam, yuk simak 25 manfaat mengonsumsi bayam hijau untuk kesehatan dan kecantikan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (14/7).

Manfaat bayam hijau untuk kesehatan.

25 Manfaat bayam hijau untuk kesehatan dan kecantikan, tingkatkan imun

foto: freepik.com

1. Mencegah stres oksidatif.

Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme. Keduanya dapat menyebabkan stres oksidatif, yang memicu penuaan yang dipercepat dan meningkatkan risiko kanker dan diabetes. Bayam mengandung antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

Sebuah studi pada delapan orang sehat, menemukan bahwa bayam membantu mencegah kerusakan oksidatif. Meski penelitian ini cukup kecil, temuannya didukung oleh penelitian hewan dan manusia lainnya.

2. Menjaga kesehatan mata.

Mata manusia juga mengandung pigmen ini dalam jumlah tinggi, yang melindungi mata manusia dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan mata, kamu bisa mengonsumsi bayam secara rutin. Hal ini dikarenakan bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna pada beberapa sayuran.

3. Mencegah kanker.

Bayam mengandung dua komponen, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah penelitian, senyawa ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor pada serviks sekaligus mengurangi ukuran tumor.

Beberapa penelitian pada manusia menghubungkan konsumsi bayam dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria. Bayam juga dapat membantu mencegah kanker payudara pada wanita.

4. Turunkan tekanan darah tinggi.

Bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi, yang telah terbukti membantu tingkat tekanan darah sedang dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi pada 27 orang menemukan bahwa makan bayam efektif menurunkan tingkat tekanan darah. Beberapa penelitian lain mengamati efek serupa, hasilnya menunjukkan bahwa bayam meningkatkan kesehatan jantung.

5. Menjaga kesehatan otak.

Efek antiinflamasi pada bayam dapat melindungi otak dari kerusakan. Dalam sebuah penelitian, para peneliti melacak pola makan dan kemampuan kognitif lebih dari 950 orang dewasa yang lebih tua selama sekitar lima tahun.

Mereka melihat penurunan yang signifikan dalam tingkat penurunan kognitif di antara mereka yang mengonsumsi lebih banyak sayuran berdaun hijau. Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang yang 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

6. Mencegah anemia.

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung asupan zat besi yang baik, sehingga dapat mencegah anemia. Tetapi, sayur bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menyiasatinya, yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

7. Mengobati diabetes.

Bayam mengandung alpha-lipoic yang terbukti dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stres pada pasien diabetes. Selain manfaat tersebut, bayam ternyata juga dapat menurunkan risiko neuropati perifer dan otonom pada penderita diabetes.

8. Menurunkan risiko gangguan kardiovaskular.

Bayam dipercaya dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan pada kardiovaskular atau jantung, karena bayam kaya akan serat dan mineral. Serat dan mineral tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Tak hanya itu, bayam memiliki kandungan kalium tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu, penderita hipertensi disarankan mengonsumsi bayam secara rutin.

9. Menjaga kesehatan tulang.

Menurut University of Maryland Medical Center, dalam beberapa dekade terakhir, dijelaskan bahwa vitamin K penting untuk kesehatan tulang. Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Nutrition mencatat bahwa asupan vitamin K dapat mengurangi tingkat patah tulang, bekerja dengan vitamin D untuk meningkatkan kepadatan tulang dan secara positif memengaruhi keseimbangan kalsium.

National Osteoporosis Foundation merekomendasikan makan bayam karena kandungan vitamin K dan magnesiumnya. Hanya satu cangkir bayam yang dimasak mengandung 987 persen kebutuhan vitamin K yang luar biasa serta 39 persen dari kebutuhan magnesium seseorang.

10. Mengurangi risiko asma.

Risiko asma lebih rendah pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar nutrisi tertentu, salah satunya adalah beta-karoten. Beta-karoten juga dapat membantu penderita asma mengurangi gejalanya.

Kandungan magnesium bayam juga bagus untuk penderita asma. Magnesium bisa menjadi pengobatan darurat yang efektif untuk serangan asma.

11. Menjaga kesehatan jantung.

Kadar vitamin K pada bayam terkait dengan kesehatan jantung dan pembekuan darah. Menurut Linus Pauling Institute, vitamin K merupakan faktor penting dalam pembekuan darah, dan kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pendarahan.

Ada juga dugaan bahwa vitamin K dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Karena tanpanya, mekanisme yang menghentikan pembentukan kalsifikasi pembuluh darah dapat menjadi tidak aktif.

12. Menjaga kesehatan kehamilan.

Mengonsumsi bayam di masa kehamilan, dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil karena bayam mengandung asam folat. Diketahui, asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Bayam dapat membantu meningkatkan asupan asam folat pada ibu dengan 66 persen dari kebutuhan folat harian.

13. Mencegah infeksi bakteri dan virus.

Bayam kaya akan vitamin A yang membantu kulit dan selaput lendir terlindungi dari bakteri dan virus. Sehingga tubuh juga semakin sehat saat mengonsumi bayam dengan takaran yang cukup.

14. Menambah energi tubuh.

Mengonsumsi bayam akan meningkatkan kebutuhan magnesium dalam tubuh, sehingga dapat menghasilkan energi lebih untuk seseorang dapat menjalankan aktivitasnya. Bayam juga merupakan sumber folat yang bagus, nutrisi yang membantu tubuh manusia mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bayam juga dikenal tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Beragam nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat bayam hijau untuk kecantikan.

25 Manfaat bayam hijau untuk kesehatan dan kecantikan, tingkatkan imun

foto: freepik.com

16. Menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Bayam mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga dibutuhkan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembab. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, vitamin A adalah senyawa dalam retinoid, yang populer dalam perawatan kulit antipenuaan. Selain itu, vitamin C dalam bayam juga dapat membantu menjaga kulit tampak awet muda dan membantu penyembuhan luka.

17. Mencerahkan kulit.

Kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, dan asam folat, bayam juga memiliki khasiat yang efektif untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Kedua kandungan ini dikombinasikan dengan vitamin A yang juga mampu meningkatkan kondisi warna kulit. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kusam, bayam bisa menjadi pilihan bahan alami yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

18. Mampu menangkal radikal bebas.

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, mengonsumsi bayam bisa menjadi salah satu solusi sebagai penangkal radikal bebas. Bayam mengandung antioksidan tinggi, tak heran jika sayur hijau ini sering dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Bayam baik bila dikonsumsi secara langsung maupun diolah dalam bentuk perawatan kulit seperti masker. Bayam dapat memberi perlindungan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya tanda-tanda penuaan.

19. Menghilangkan jerawat.

Munculnya jerawat di wajah sangat membuat tidak nyaman. Terlebih bagi kaum hawa, hal ini menjadikannya tidak percaya diri. Namun, kini tak perlu khawatir, bayam bisa kamu aplikasikan sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah jerawat.

Cara penggunaannya mudah, cukup rendam bayam dalam sedikit air, lalu oleskan pada wajah selama kurang lebih 20 menit. Dengan melakukan ini, kotoran, minyak dan peradangan di kulit akan dihilangkan. Ini juga dapat memberi sensasi menyegarkan dari dalam kulit.

20. Memperlambat penuaan dini.

Manfaat bayam untuk kecantikan berikutnya dapat memperlambat munculnya kerutan di wajah. Pasalnya, bayam dikenal sebagai sayur yang kaya akan zat besi. Senyawa zinc tersebut mampu bekerja menangkal sekaligus menyerap sinar UV menjadi panas. Tidak hanya itu saja, zinc juga memiliki manfaat tambahan untuk meredakan peradangan.

21. Bantu meremajakan kulit.

Manfaat bayam selanjutnya yakni membantu meremajakan kulit. Pasalnya, tanaman ini mengandung vitamin A yang baik bagi kulit. Vitamin tersebut berperan efektif membantu kulit kamu agar tampak lebih muda, sehat, dan terhidrasi.

22. Mengurangi kerusakan pada kulit.

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada bayam bantu mempercepat regenerasi kulit kamu yang rusak. Selain itu, kedua vitamin tersebut juga akan membuat kulitmu terlihat lebih bercahaya. Dengan rutin konsumsi bayam, kulit kamu nggak sekadar terlihat cantik, namun juga terlihat sehat.

23. Mengurangi rambut rontok.

Selain untuk kecantikan kulit, bayam juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Lagi-lagi kandungan zat besi pada bayam baik untuk menutrisi dan meningkatkan kesehatan rambut. Kandungan ini dapat bekerja memperkuat folikel sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut dengan cara mengakselerasi distribusi oksigen dari darah ke rambut.

Khasiat bayam untuk mengurangi rambut rontok bisa didapatkan dengan mengonsumsi bayam secara rutin. Rambut kamu akan menjadi lebih kuat sekaligus membantu mengurangi terjadinya rambut rontok.

24. Menebalkan rambut.

Tak hanya mengurangi rambut rontok, kandungan zinc pada bayam juga efektif untuk menebalkan rambut. Khasiat bayam bagi rambut ini tidak hanya bisa kamu rasakan dengan mengonsumsinya. Tapi juga bisa dengan menggunakan produk perawatan rambut lainnya yang menutrisi rambut dan kulit kepala secara menyeluruh.

25. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet

Bayam mengandung banyak vitamin B kompleks yang membantu mencegah tanning dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Dengan mengonsumsi jus bayam secara rutin, kamu dapat menghalau risiko akibat terlalu sering terpapar sinar matahari yang dapat menggelapkan warna kulit.

(brl/vin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya