3 Manfaat rajin mengonsumsi jus nanas yang kaya kandungan nutrisi

25 / 08 / 2021 19:35 WIB Yani Andriansyah
3 Manfaat rajin mengonsumsi jus nanas yang kaya kandungan nutrisi
singaporelocalfavourites.com

Brilio.net - Nanas merupakan salah satu buah tropis yang cukup popular. Beberapa negara seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, Kenya, India, China, dan Filipina memiliki minuman olahan yang terbuat dari nanas. Salah satunya dibuat menjadi jus nanas.

Malah tidak sedikit budaya yang menggunakan buah dan jus nanas sebagai obat tradisional untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit. Sebuah penelitian modern mencoba menghubungkan jus nanas dengan senyawa yang memiliki manfaat kesehatan seperti peningkatan pencernaan dan kesehatan jantung, mengurangi terjadinya peradangan, dan juga memberikan perlindungan terhadap kanker. Berikut beberapa manfaat rajin mengonsumsi jus nanas untuk kesehatan.

1. Kaya Nutrisi

3 Manfaat rajin mengonsumsi jus nanas yang kaya kandungan nutrisi lifehack.org/shutterstock

Jus nanas memberikan dosis dengan berbagai nutrisi yang terkonsentrasi. Dengan mengkonsumsi satu gelas yaitu sekitar 240 ml, jus nanas mengandung berbagai asupan seperti 132 kalori, kurang dari 1 gram protein, kurang dari 1 gram lemak. Selain itu jus nanas juga mengandung 33 gram karbohidrat, sekitar 25 gram gula, kurang dari 1 gram serat.

Jus nanas juga kaya akan mangan, tembaga, dan vitamin B6 dan C. Nutrisi ini memiliki peran penting untuk kesehatan tulang, kekebalan, menyembuhkan luka, memproduksi energi, dan juga untuk sintesis jaringan.

2. Mengandung tambahan senyawa bermanfaat

3 Manfaat rajin mengonsumsi jus nanas yang kaya kandungan nutrisi iupilon.com

Selain kaya kandungan vitamin dan juga mineral, jus nanas juga merupakan sumber antioksidan yang baik, merupakan senyawa tanaman yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.

Antioksidan membantu menetralkan senyawa tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas yang dapat menumpuk di tubuh karena faktor-faktor seperti polusi, stres, atau pola makan yang tidak sehat yang menyebabkan kerusakan sel. Para ahli memercayai adanya antioksidan dalam jus nanas, terutama vitamin C, beta karoten, dan berbagai flavonoid.

Jus nanas juga mengandung bromelain yaitu sekelompok enzim yang berkaitan dengan manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan, meningkatkan pencernaan dan juga kekebalan tubuh yang lebih kuat.

3. Menekan peradangan

3 Manfaat rajin mengonsumsi jus nanas yang kaya kandungan nutrisi healthline.com

Jus nanas membantu mengurangi peradangan yang diyakini sebagai akar penyebab berbagai penyakit kronis. Nanas dapat menekan peradangan karena kandungan bromelain-nya. Senyawa ini sama efektifnya dengan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit.

Di Eropa, bromelain disetujui untuk digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan trauma atau pembedahan, dan juga untuk mengobati luka bedah atau luka bakar yang dalam.

Selain itu, ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi bromelain sebelum melakukan operasi juga dapat mengurangi tingkat peradangan dan juga rasa sakit yang disebabkan pembedahan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi rasa sakit dan juga peradangan yang disebabkan cedera olahraga, rheumatoid arthritis atau osteoarthritis lutut.

(brl/red)
SELENGKAPNYA

Video

  • Tumis Timun Pedas

    11 / 08 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA