4 Cara membuat saus tomat ala rumahan, alami tanpa pengawet

26 / 06 / 2021 18:00 WIB Shahfara Raida
4 Cara membuat saus tomat ala rumahan, alami tanpa pengawet
foto ilustrasi: freepik.com

Brilio.net - Saus tomat kerap menemani berbagai hidangan, seperti ayam goreng, pizza, spageti, dan lain-lain. Pasalnya, saus ini bisa menambah cita rasa makanan. Meskipun begitu, saus tomat yang dijual di dalam kemasan biasanya belum tentu terjamin keamanannya untuk kesehatan.

Tak sedikit saus tomat di pasaran mengandung pengawet. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa membahayakan. Bahan-bahan yang digunakan pun kerap tidak murni dari tomat, yakni ada tambahan bahan lain seperti wortel, pepaya, maupun ubi.

Rasanya pun terkadang tidak pas di lidah. Bisa jadi terlalu asam maupun terlalu hambar. Tingkat kekentalannya pun bisa jadi tidak sesuai dengan selera masing-masing. Tapi tahu nggak sih, kalau bikin saus tomat sendiri ternyata gampang?

Kamu bisa menyesuaikan sendiri bahan-bahan berkualitas dan rasa yang diinginkan. Dengan cara yang benar, kamu juga bisa bikin saus tomat yang awet meski nggak pakai pengawet. Penasaran seperti apa tipsnya? Berikut empat cara membuat saus tomat ala rumahan, seperti dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Sabtu (26/6).


1. Gunakan tomat segar.

4 Tips membuat saus tomat  freepik.com

foto: freepik.com

Untuk membuat saus tomat sebagai stok di rumah, kamu bisa menggunakan 7 sampai 8 tomat yang masih segar. Kemudian, rebus tanpa memotong atau mengupasnya terlebih dahulu. Cara ini akan membuat tomat lebih mudah dihaluskan nantinya.

2. Masukkan ke dalam air.

4 Tips membuat saus tomat  freepik.com

foto: freepik.com

Jika sudah direbus beberapa saat, tiriskan tomat terlebih dahulu. Kemudian, agar lebih cepat dingin dan mudah dikupas, masukkan atau rendam semua tomat di dalam air matang. Kemudian, kupas kulitnya, lalu blender sampai halus.

3. Tambahkan gula dan garam.

4 Tips membuat saus tomat  freepik.com

foto: freepik.com

Setelah dihaluskan, masak tomat. Jangan gunakan minyak agar hasilnya lebih segar. Kemudian, agar rasa sausnya nanti tidak terlalu asam, kamu bisa menambahkan sedikit gula dan garam.

4. Gunakan tepung tapioka.

4 Tips membuat saus tomat  freepik.com

foto: freepik.com

Kamu bisa menambahkan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Fungsinya adalah untuk mengentalkan saus tomat. Jika sudah matang, langsung simpan di dalam wadah kedap udara agar tahan lama.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA

Video

  • Ayam Budu Budu

    16 / 05 / 2022 10:02
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA