5 Cara bikin kecap asin mi ayam khas pedagang keliling, pakai 3 bahan

5 Cara bikin kecap asin mi ayam khas pedagang keliling, pakai 3 bahan
foto: pixabay.com/tresiahoban3

Brilio.net - Kecap asin jadi salah satu bumbu utama yang digunakan sebagai racikan mi ayam. Perlu diketahui, kecap asin ini memiliki rasa berbeda dibandingkan kecap asin yang dijual di pasar. Jika kecap asin instan memiliki rasa asin dengan aroma asam khas dari proses fermentasi, kecap asin untuk mi ayam ini memiliki aromanya jauh yang lebih sedap.

Kecap asin mi ayam ini biasanya diracik sendiri oleh para pedagang mi ayam dengan bahan yang cukup sederhana. Umumnbya, para pedagang mi ayam hanya menggunakan kecap manis, garam, dan bawang goreng. Bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu dengan air untuk menghasilkan tekstur kecap asin yang cair. Kecap asin ini pun jadi kunci utama dari kelezatan seporsi mi ayam.

Nah, untuk mengetahui proses pembuatannya lebih lanjut, kamu bisa menyimak sebuah tutorial yang dibagikan salah satu pedagang mi ayam di YouTube/Sugeng Agus. Melalui salah satu video yang diunggahnya, pedagang mi ayam bernama Sugeng ini membagikan resep kecap asin yang sedap.

Dalam video yang sudah ditonton ratusan ribu tersebut, Sugeng juga menjelaskan secara rinci bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya. Penasaran kan seperti apa cara meracik kecap asin ala pedagang mi ayam? Dilansir BrilioFood pada Jumat (4/11), berikut lima cara membuat kecap asin untuk racikan mi ayam.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya