5 Cara bikin telur asin dari telur ayam, tanpa abu gosok & tanah liat

5 Cara bikin telur asin dari telur ayam, tanpa abu gosok & tanah liat
foto: YouTube/Dapur Leony

Brilio.net - Telur menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh banyak orang. Telur bisa diolah dengan berbagai cara, baik direbus maupun digoreng. Namun, jika kamu bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja, kamu bisa memilih telur asin untuk kamu konsumsi. Telur asin ini memiliki kandungan gizi dua kali lipat lebih banyak daripada telur biasa.

Telur ini juga cocok disajikan bersama sepiring nasi hangat, pelengkap rawon atau dikonsumsi secara langsung. Biasanya, telur asin terbuat dari telur bebek yang diawetkan dengan melumuri seluruh permukaannya menggunakan abu gosok dan tanah liat. Namun ternyata, telur asin juga bisa dibuat dari telur ayam, lho.

Cara membuat telur asin dari telur ayam ini dibagikan oleh channel YouTube/Dapur Leony. Lewat videonya, ia membagikan cara bagaimana membuat telur asin dari telur ayam dengan simpel, bahkan tanpa menggunakan abu gosok dan tanah liat untuk mengawetkan telur. Sebagai gantinya, bahan yang dibutuhkan hanya 1/2 liter air dan 500 gr garam kasar untuk membuat 10 butir telur asin.

Agar berhasil, ada beberapa trik yang perlu diperhatikan. Jadi penasaran bagaimana cara membuatnya? Dilansir BrilioFood lansir dari YouTube/Dapur Leony pada Selasa (18/10), berikut cara membuatnya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya