5 Cara hilangkan noda membandel di talenan plastik, bersih bak baru

5 Cara hilangkan noda membandel di talenan plastik, bersih bak baru
foto: YouTube/Endang Siswati

Brilio.net - Memiliki alat dapur yang selalu bersih dan layak pakai tentu menjadi salah satu impian bagi banyak orang yang sering berkutat di dapur. Namun tidak dapat dipungkiri, pemakaian yang berulang dapat membuat alat dapur jadi kotor dan nodanya sulit dibersihkan. Salah satu alat dapur yang gampang kotor karena sering digunakan adalah talenan plastik.

Talenan plastik yang terlalu sering digunakan dapat menimbulkan noda yang susah hilang. Biasanya noda pada talenan plastik ini akan menghitam seiring berjalannya waktu. Jika tidak dibersihkan dengan benar, talenan plastik bisa menjadi sarang bagi ribuan jenis kuman.

Hal ini tentu saja tidak boleh diabaikan. Terlebih talenan plastik ini selalu jadi alat dasar untuk mempersiapkan makanan yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, perlu cara khusus untuk membersihkan talenan plastik agar bebas noda dan bersih seperti baru.

Di sisi lain, perlu diperhatikan juga bahwa cara mencuci talenan plastik bisa berbeda dengan talenan kayu. Karena memiliki bahan dasar yang berbeda, perawatannya pun bisa berbeda. Talenan kayu umumnya cukup dicuci dengan bahan dapur yang memiliki asam tinggi, seperti cuka atau lemon.

Sedangkan, talenan plastik harus dicuci dengan sabun atau bahan kimia yang lebih kuat agar noda membandel bisa hilang. Proses membersihkannya pun juga harus lebih berhati-hati, karena bahan kimia tersebut dapat bereaksi pada permukaan kulit.

Jika tahu cara membersihkan dengan benar, talenan plastik pun bisa lebih putih dan bersih seperti baru, lho. Untuk itu, kamu bisa simak lima cara bersihkan noda membandel di talenan plastik yang dilansir BrilioFood dari YouTube/Endang Siswati, Kamis (8/9).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya