5 Cara membuat cabai kering menjadi segar kembali, mudah ditiru

5 Cara membuat cabai kering menjadi segar kembali, mudah ditiru
foto: YouTube/Yuskanu Family

Brilio.net - Kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan bercita rasa pedas. Bahkan ada yang beranggapan kurang lengkap rasanya jika makan tanpa sambal. Daripada repot terus membeli di luar saat membutuhkan cabai untuk membuat sambal, kebanyakan orang memilih untuk menyetok cabai di rumah.

Untuk menyimpan cabai agar awet, biasanya orang menyimpannya di dalam kulkas. Selain itu, ada sebagian orang juga yang sengaja mengeringkan cabai. Cabai kering bisa terbuat dari cabai yang biasanya dijemur langsung di bawah sinar matahari ataupun dioven. Usut punya usut, cabai yang sudah dikeringkan malah memiliki cita rasa lebih pedas.

Hal ini dikarenakan, ketika dikeringkan kandungan air di dalam cabai akan menguap. Sehingga yang tersisa hanyalah zat capsaicin yang terasa pedas. Meskipun begitu, biasanya tampilan cabai kering sedikit kurang menarik. Ukuran cabai yang tadinya besar, karena dijemur menjadi mengkerut dan mengecil. Belum lagi, jika tidak pintar saat mengeringkannya, cabai akan berwarna hitam.

Meski begitu, bukan berarti cabai yang sudah kering tidak bisa dibuat segar kembali tampilannya. Salah satu channel YouTube dengan nama 'Yuskanu Family', memberikan cara untuk mengolah cabai kering jadi lebih segar. Dalam video tersebut, cabai yang tadinya berkerut dan berwarna kehitaman akan berubah menjadi segar kembali dan berwarna merah cantik.

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Dilansir BrilioFood dari YouTube/Yuskanu Family pada Kamis (10/11), berikut lima cara membuat cabai kering menjadi segar kembali.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya