5 Cara membuat tape ketan ala rumahan, manis tanpa gula

5 Cara membuat tape ketan ala rumahan, manis tanpa gula
foto: TikTok/@alamaknur

Brilio.net - Tape ketan merupakan salah satu kudapan populer di Indonesia yang digemari banyak orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, membuat tape ketan bisa dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa.

Tape ketan biasanya ditemukan di berbagai acara, baik yang formal maupun non formal. Tape ketan sendiri dibedakan menjadi dua jenis, tape ketan hitam dan tape ketan putih. Selain langsung disantap, keduanya kamu olah menjadi berbagai hidangan, termasuk aneka kue.

Tak cuma lezat saja, namun tape ketan juga kaya akan manfaat. Dilansir dari healthline.com, tape ketan mengandung probiotik yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh. Nggak salah, kalau banyak yang mengolah tape menjadi aneka camilan yang menggugah selera.

Tak melulu harus beli di luar, kamu bisa membuat tape ketan sendiri di rumah. Meskipun harus menunggu lama untuk proses fermentasinya, namun bahan-bahan pembuatan tape ketan terbilang sederhana. Kamu juga tidak perlu menambahkan gula tambahan di dalamnya.

Pasalnya, hasil fermentasi dari tape sendiri yang akan mengeluarkan rasa manis secara alami. Penasaran, kan bagaimana cara membuat tape ketan rumahan? Berikut lima cara membuat tape ketan ala rumahan yang manis tanpa gula, dilansir BrilioFood dari TikTok/@alamaknur pada Sabtu (3/9).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya