5 Cara membuat tepung terigu gluten free, bikin adonan tetap bagus

5 Cara membuat tepung terigu gluten free, bikin adonan tetap bagus
foto: TikTok/@terpaksaglutenfree

Brilio.net - Bagi sejumlah orang, olahan tepung terigu bisa jadi musuh berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan. Dilansir dari mayoclinic.org, biasanya ada orang-orang yang punya penyakit tertentu atau sensitif terhadap gluten, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi olahan tepung gluten free (bebas gluten). Sejumlah kondisi yang mengharuskan seseorang diet gluten free antara lain alergi, inflamasi pada tubuh, permasalahan tiroid, celiac, dan masih banyak lagi.

Namun, ada pula orang-orang yang memang sengaja hanya mengonsumsi olahan tepung gluten free walaupun tak memiliki gangguan kesehatan tertentu. Hal ini dikarenakan banyak manfaat dari diet gluten free. Dilansir dari bobsredmill.com, diet gluten free bisa bantu meningkatkan energi, menjaga berat badan ideal, mencegah kembung, mengurangi nyeri sendi, menyehatkan tulang, dan lain-lain.

Tepung gluten free memang sudah banyak dijual di pasaran. Tetapi, harganya terkadang kurang bersahabat bagi sejumlah orang, lantaran lebih mahal dari tepung terigu biasa. Ditambah lagi, biasanya tepung gluten free memang cenderung bikin olahan kue atau roti jadi sangat kering dan kurang nikmat. Nah, rupanya ada resep tepung gluten free versi lebih ekonomis yang dibagikan oleh salah seorang warganet lewat akun TikToknya @terpaksaglutenfree.

Ia mengaku memang punya permasalahan kesehatan yang mengharuskannya menghindari tepung terigu biasa. Lewat sejumlah eksperimen sendiri di rumah, ia pun berhasil menemukan resep tepung terigu gluten free. Menurutnya, resep tepung terigu gluten free buatannya ini lumayan mirip dengan tepung terigu biasa, terutama saat bikin aneka kue. Sehingga, adonan kue yang ia buat tetap bagus.

Penasaran gimana cara membuatnya? Berikut lima cara bikin tepung terigu gluten free yang lebih sehat dan adonan tetap bagus, dilasir BrilioFood dari TikTok/@terpaksaglutenfree, Rabu (30/11).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya