5 Cara menggoreng cireng agar tidak mudah meledak

20 / 11 / 2021 10:31 WIB Annathiqotul Laduniyah
5 Cara menggoreng cireng agar tidak mudah meledak
Instagram/@evyidea_

Brilio.net - Cireng menjadi salah satu jajanan populer yang terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka. Banyak yang menggemari jajanan khas Bandung ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Cireng sendiri merupakan singkatan dari aci goreng. Seiring dengan perkembangan zaman, cireng berinovasi menjadi berbagai varian rasa dan isi. Mulai dari daging ayam, sapi, sosis, bakso, keju, dan lainnya.

Walaupun memiliki banyak peminat dan cara membuatnya mudah, tak sedikit orang masih enggan bikin cireng sendiri. Bukan tanpa alasan, proses memasak cireng memang cukup ditakuti. Ketika cireng digoreng, minyak bisa meletup-letup dan menimbulkan cipratan. Tidak hanya cireng, ternyata proses menggoreng camilan lain yang berbahan dasar serupa seperti cimol pun juga sama.

Padahal ada beberapa cara tersendiri untuk mengatasi masalah ini, lho. Mau tahu seperti apa tips menggoreng cireng agar tidak meledak? Simak penjelasannya seperti dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber pada Minggu (20/11).


1. Hindari menggunakan baking soda.

Cara menggoreng cireng  2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Baking soda biasanya dipakai supaya adonan makanan semakin crispy dan renyah. Namun kamu tidak perlu cemas, cireng sudah memiliki tekstur renyah tersendiri setelah digoreng.

2. Rendam sesaat di minyak dingin.

Cara menggoreng cireng  2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Celupkan cireng ke dalam minyak dingin sembari memanaskan minyak di atas kompor. Setelah panas, masukkan cireng yang sudah dilumuri minyak dingin secara terpisah sebelumnya.

3. Masukkan cireng sebelum menyalakan api.

Cara menggoreng cireng  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Ada cara lain ketika menggoreng cireng agar tidak meledak. Masukkan cireng terlebih dahulu ke dalam minyak dingin di wajan. Kemudian baru nyalakan api kompor. Masak dan goreng sampai matang.

4. Gunakan api kecil.

Cara menggoreng cireng  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk meminimalisir letupan minyak, gunakan api kecil atau sedang ketika menggoreng cireng. Semakin besar api membuat minyak kian panas, tepung adonan cireng bisa cepat mengembang dari dalam karena suhu panas.

5. Goreng sedikit demi sedikit.

Cara menggoreng cireng Instagram

foto: Instagram/@evyidea_

Usahakan tidak menggoreng cireng secara bersamaan dalam jumlah banyak. Penting untuk menyisakan ruang dalam wajan agar cireng bisa matang sempurna.

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA