5 Cara mengolah lemak daging jadi minyak, cocok untuk berbagai masakan

5 Cara mengolah lemak daging jadi minyak, cocok untuk berbagai masakan
foto: TikTok/@dimsthemeatguy

Brilio.net - Sebagian orang menganggap lemak pada daging bisa merusak kesehatan. Tak jarang, jika banyak yang memilih untuk membuang lema-lemak yang menempel pada daging. Padahal sebenarnya, lemak pada daging bisa dimanfaatkan kembali, lho. Salah satunya diolah menjadi minyak.

Minyak yang berasal dari ekstrak lemak daging ini biasa disebut dengan beef tallow. Bagian lemak yang digunakan untuk minyak satu ini biasanya berasal dari lapisan lemak putih yang mengelilingi organ pada sapi. Selain itu, beef tallow bisa dibuat dari lemak yang berada di sekitar sumsum tulang sapi.

Siapa sangka, beef tallow ternyata juga kaya akan nutrisi, lho. Dilansir dari doctorkiltz.com, olahan lemak sapi ini bisa jadi sumber lemak sehat karena mengandung Omega-7 dan 40-50% lemak tak jenuh. Selain itu, mengonsumsi beef tallow bisa menyehatkan kulit dan kaya vitamin.

Demi mendapatkan nutrisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan lemak daging untuk membuat beef tallow sendiri di rumah. Kamu bisa meniru tutorial yang dibagikan Dims The Meat Guy dalam akun TikToknya. Konten kreator yang dikenal memiliki spesifikasi memasak daging sapi dan steak ini membagikan cara mudah dalam mengolah sisa-sisa lemak daging.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya