5 Cara simpel bikin tahu sutra ala rumahan, cuma pakai 3 bahan

5 Cara simpel bikin tahu sutra ala rumahan, cuma pakai 3 bahan
TikTok/@ameliasmsd

Brilio.net - Tahu sutra kerap dijadikan pilihan sebagai bahan dasar masakan. Berbeda dari tahu lainnya, tahu sutra memiliki tekstur yang sangat lembut dan bisa meleleh di mulut. Walau dibuat dari bahan dasar yang sama, namun tahu sutrapunya rasa yang cenderung lebih gurih, lho.

Pada dasarnya proses pengolahan tahu sutra juga berbeda dibandingkan tahu lainnya. Tahu sutra dibuat dari kacang kedelai sebagai bahan dasarnya. Bedanya proses pembuatan tahu sutratidak memerlukan tahap pengepresan kedelai dan hanya menggunakan sedikit bahan penggumpal. Sehingga teksturnya lebih lembut.

Proses pembuatan tahu sutra seperti ini memang perlu alat dan bahan khusus. Oleh karena itu, tahu sutra lebih banyak diproduksi oleh pabrik-pabrik besar. Padahal, tahu sutra juga sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Dengan bahan yang sedikit berbeda, namun tekstur dan rasanya bisa menyerupai tahu sutra yang lembut.

Tofu sutra atau tofu ini biasa dinamakan egg tofu atau tamago tofu khas Jepang. Tamago sendiri memiliki arti telur. Sedangkan tofu artinya tahu. Teksturnya yang lumer di mulut membuat tahu sutra ini cocok jadi olahan berbagai menu masakan.

Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak ulasannya yang telah dilansir BrilioFood dari TikTok/@ameliasmsd pada Minggu (11/9).

Bahan yang dibutuhkan:
- 3 butir telur
- 200 ml susu kedelai
- 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
- Plastik food grade

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya