5 Cara simpel membungkus lemper, kokoh tanpa tusuk lidi dan staples

5 Cara simpel membungkus lemper, kokoh tanpa tusuk lidi dan staples
TikTok/@miny_cake3

Brilio.net - Sejak lama, daun pisangsering dipakai untuk membungkus makanan. Pakai daun pisang untuk mengemas makanan dipercaya bisa bikin hidangan jadi lebih wangi, lho. Bahkan, sebuah penelitian yang dikutip dari todayonline.com menjelaskan, uap daun pisang karena panas makanan terbukti bikin aromanya lebih segar.

Selain itu, makanan pun jadi lebih tahan lama dan sehat karena daun pisang tidak menyebabkan reaksi kimia seperti kemasan olahan jika terkena panas. Daun pisang ini juga sudah pasti ramah lingkungan karena berasal dari tumbuhan asli, bukan lewat proses olahan manusia.

Salah satu makanan tradisional yang masih dibungkus pakai daun pisang adalah lemper. Nah, umumnya, untuk memudahkan proses pengemasan lemper, selain daun pisang dibutuhkan pula tusuk lidi maupun staples untuk merekatkan daun. Namun demikian, tak melulu pakai lidi maupun staples, lho. Rupanya, ada teknik membungkus lemper tanpa lidi maupun staples sama sekali, nih.

Cara ini dibagikan oleh salah seorang warganet pemilik katering makanan. Berikut lima cara simpel membungkus lemper yang tetap kokoh tanpa tusuk lidi dan staples, dilansir BrilioFood dari TikTok/@miny_cake3 pada Kamis (20/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya