5 Cara tepat mengolah kerang, dijamin bau amis & lumpur hilang

29 / 06 / 2021 14:01 WIB Intan Palupi
5 Cara tepat mengolah kerang, dijamin bau amis & lumpur hilang
foto ilustrasi: freepik.com

Brilio.net - Bagi pecinta seafood, kerang sudah pasti jadi salah satu makanan laut yang nggak boleh dilewatkan. Punya rasa gurih dan tekstur kenyal, nggak salah kalau kerang digemari banyak orang. Berbagai olahan kerangseperti kerang saus tiram, tumis kerang, sate kerang, kerang saus padang dan lainnya selalu menggugah selera.

Selain nikmat, kerang juga punya banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat besi yang terkandung dalam kerang bisa membantu mencegah anemia. Namun, semua hanya percuma jika kamu kurang tepat dalam mengolahnya.

Cara mengolah kerang yang kurang tepat nggak hanya bikin nutrisinya hilang, tapi juga masih menyisakan bau amis dan lumpur yang bikin kurang nikmat saat menyantapnya. Bagi sebagian orang, menghilangkan bau amis pada kerang memang PR banget.

Padahal, ada banyak cara mengolah kerang agar bau amis dan lumpurnya hilang. Penasaran seperti apa? Yuk intip lima cara tepat mengolah kerang agar bau amis dan lumpurnya hilang, seperti dilansir Brilio Food dari berbagai sumber pada Selasa (29/6).



1. Pilih kerang yang masih segar.

mengolah kerang  freepik.com

foto: freepik.com

Pertama-tama, kamu harus memilih kerang yang masih segar. Kerang yang kurang segar akan menimbulkan aroma sangat amis. Kamu bisa memastikan dengan mencium aroma kerang dan melihat kerang. Jika kerang berlendir dan memiliki bau amis yang menyengat, tandanya sudah nggak segar.


2. Cuci pada air mengalir.

mengolah kerang  freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya, cuci kerang pada air mengalir. Saat mencuci, pastikan untuk membersihkan bagian dalam kerang. Biasanya masih terdapat kotoran serta lumpur yang ada di dalam cangkangnya.


3. Rendam dengan perasan jeruk nipis.

mengolah kerang  freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang kamu ketahui, jeruk nipis memang ampuh untuk menghilangkan bau amis. Caranya mudah, Masukkan kerang pada wadah lalu kucuri dengan air perasan jeruk nipis.

Pastikan semua kerang sudah tercampur dengan air perasan tersebut ya. Lalu tutup rapat dan diamkan selama 30 menit. Terakhir jangan lupa bilas sampai bersih.


4. Masak dengan bumbu-bumbu yang beraroma kuat.

mengolah kerang  freepik.com

foto: freepik.com

Langkah selanjutnya, saat kamu mulai memasak kerang sebaiknya tambahkan bumbu beraroma kuat. Hal ini dilakukan agar meminimalisir bau yang mungkin masih tersisa. Serta, bumbu yang beraroma kuat akan membantu untuk mengurangi bau amis tersebut.


5. Masak dengan api kecil.

mengolah kerang  freepik.com

foto: freepik.com

Nah cara terakhir, gunakan api kecil saat memasaknya. Penggunaan api kecil ini agar daging kerang matang secara merata. Menggunakan api yang besar memang akan membuat daging kerang terasa lebih cepat matang, namun kurang merata dan membuat kerang memiliki tekstur kurang empuk.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA

Video

  • Ayam Tangkap

    30 / 06 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA