5 Inspirasi menu sehat Amanda Rawles, aman bagi penderita asam lambung

5 Inspirasi menu sehat Amanda Rawles, aman bagi penderita asam lambung
foto: Instagram/@amandarawles

Brilio.net - Bagi yang memiliki penyakit lambung pastinya jadi sangat selektif dalam memilih makanan. Pasalnya, jika sembarangan memilih makanan, bisa menyebabkan sakit tambah parah. Hal yang sama juga perhatian khusus Amanda Rawles.

Aktris cantik berdarah Australia ini sangat memperhatikan bahan makanan yang dikonsumsinya karena memiliki penyakit asam lambung. Setiap harinya, Amanda Rawles selalu mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi dan juga aman untuk lambung.

Salah satu yang selalu dilakukannya adalah meminum jus batang seledri setiap pagi. Ia mengaku mendapatkan banyak manfaat dari rutin mengonsumsi jus ini setiap pagi.

"The reason why I drink this (alasan aku minum ini) itu untuk nge-detoks badan aku, dan aku minum karena aku punya sakit lambung, dan selama minum celery juice (jus seledri) ini, dia membantu makanan-makanan yang ada di tubuh aku untuk lebih mudah dicerna jadi dia nggak numpuk hingga membuat asam lambung aku itu jadi makin parah," jelasnya.

Di samping itu, Amanda Rawles juga selalu menambahkan sayuran pada setiap menu makan siang dan malamnya. Cara ini pun membuatnya tetap sehat dan tidak memburuk kondisi penyakit lambungnya.

Ingin tahu apa saja yang dikonsumsi Amanda Rawles setiap harinya? Berikut lima menu makanan sehat Amanda Rawles setiap hari yang aman untuk lambung, dilansir Brilio Food dari YouTube/@Amanda Rawles, Jumat (27/8).

1. Jus seledri.

5 Inspirasi menu sehat Amanda Rawles, aman bagi penderita asam lambung

foto: YouTube/@Amanda Rawles

Seperti disebutkan sebelumnya, setelah bangun tidur di pagi hari, Amanda Rawles selalu minum jus seledri. Ia pun kerap menambahkan sedikit potongan buah apel sebagai penambah rasa manis pada jusnya.

Dilansir dari healthline.com, seledri mengandung sejumlah senyawa yang bisa mengatasi sakit maag dan memperbaiki lapisan lambung. Selain itu, tingginya kandungan serat pada seledri juga sangat baik untuk melancarkan saluran pencernaan.

2. Oatmeal.

5 Inspirasi menu sehat Amanda Rawles, aman bagi penderita asam lambung

foto: YouTube/@Amanda Rawles

Oatmeal yang biasa digunakan Amanda untuk sarapan berjenis rolled oats, karena menurutnya lebih sehat dan tidak terlalu instan. Setelah oatmeal direbus hingga matang, ia pun menambahkan madu, selai kacang dan cokelat organik, chia seed, kacang almond, pisang, dan blueberry beku.

"This treat is so healthy, aku makan ini bisa dibilang hampir setiap pagi dan nggak bosan-bosan karena emang segitu enaknya. Kalian wajib coba, sih," ucap Amanda Rawles.

Menurutnya, makanannya ini sangat bagus untuk dikonsumsi sebelum memulai hari karena penuh nutrisi sehingga bisa menambah energi tubuh. Di samping itu, semua bahan yang digunakannya pun sudah pasti aman untuk penderita asam lambung.

"Ini sehat banget, kaya serat, mineral, vitamin, antioksidan, dan semua kandungan baik di dalamnya, bagus banget," jelas Amanda Rawles mengenai manfaat yang didapat dari menu makanannya.

3. Chicken wrap.

5 Inspirasi menu sehat Amanda Rawles, aman bagi penderita asam lambung

foto: YouTube/@Amanda Rawles

Untuk makan siang, Amanda Rawles biasa makan ayam dan sayuran yang dibungkus dengan kulit burrito. Selain dada ayam, sayuran lain yang digunakannya ada bayam, wortel, timun Jepang, kol merah, paprika, bawang, tak lupa pula ia menambahkan keju biar lebih lezat.

Menurut Amanda Rawles, sayuran sebenarnya akan lebih sehat jika dikonsumsi dalam keadaan segar, namun di masa pandemi seperti sekarang ia lebih memilih mengonsumsi semua makanan yang dimasak. Sehingga, ia pun menumis sayurannya sebentar sebelum dikonsumsi.

"Karena lagi pandemi, aku lebih ngerasa nyaman kalau makan makanan yang udah dimasak, jadi aku belum berani makan sayuran atau apa pun yang mentah," ujar Amanda Rawles.

Sementara mengenai asam lambung, sayuran yang ada di chicken wrap Amanda Rawles ini aman banget untuk lambung, lho. Terutama bayam dan kol, dilansir dari medicalnewstoday.com, sayuran ini dapat bersifat sebagai anti-inflamasi yang baik untuk menjaga kesehatan lambung.

4. Teh matcha murni.

5 Inspirasi menu sehat Amanda Rawles, aman bagi penderita asam lambung

foto: YouTube/@Amanda Rawles

Amanda Rawles senang minum kafein di siang hari agar tidak mudah mengantuk, namun ia tidak mengonsumsi kopi, melainkan teh matcha yang murni. Matcha yang digunakannya adalah matcha natural, bebas gluten, non GMO (Genetically Modified Organism), dan vegan.

Dilansir dari livestrong.com, semua jenis teh hijau, tak terkecuali matcha, cenderung lebih rendah kandungan asam dan kafein dibanding teh hitam maupun kopi. Sehingga, lebih aman untuk dikonsumsi orang-orang yang memiliki penyakit lambung.

5. Dada ayam, tumis sayuran, dan nasi.

5 Inspirasi menu sehat Amanda Rawles, aman bagi penderita asam lambung

foto: YouTube/@Amanda Rawles

Untuk makan malam, Amanda Rawles biasa mengonsumsi dada ayam dan sayuran bersama nasi. Karena menurutnya kalau ia hanya makan lauk saja, ia kerap belum kenyang, makanya ia menambahkan nasi untuk makan malam. Untuk nasinya sendiri ia biasa mengonsumsi nasi cokelat atau putih.

Amanda Rawles pun menambahkan, untuk makan malamnya ia selalu mengonsumsi lauk yang tinggi protein seperti dada ayam panggang, serta berbagai macam sayuran. Kali ini ada tumis sawi, wortel, dan paprika yang tinggi serat dan baik untuk lambung.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya