5 Kreasi unik olahan bayam ini siap menggoyang lidahmu

5 Kreasi unik olahan bayam ini siap menggoyang lidahmu

Brilio.net - Bayam merupakan salah satu dari sekian banyak jenis sayuran hijau yang daunnya biasa dikonsumsi orang. Pada umumnya sayuran sehat ini hanya diolah menjadi sayur bening yang dilengkapi potongan wortel atau jagung dengan rasa yang gurih dan segar.

Sayuran yang kerap dikaitkan dengan tokoh kartun Popeye ini dikenal sebagai sayuran bersumber zat besi yang penting. Kandungan zat besi pada tumbuhan yang berasal dari Amerika tropik ini relatif lebih tinggi dibanding sayuran daun hijau lain, sehingga berguna bagi penderita anemia.

Terlepas dari manfaatnya yang baik bagi tubuh ternyata tak sedikit orang yang tidak menyukai sayuran bayam, terutama anak-anak. Padahal sudah banyak olahan makanan dari bayam seperti sayur bobor, urap dan keripik bayam yang renyah.

Selain olahan bayam yang sudah disebut di atas, bayam juga bisa disajikan dalam kreasi lainnya lho. Nah berikut lima kreasi unik olahan bayam yang brilio.net himpun dari resepkoki.id, Selasa (20/2).

1. Bolu.

5 Kreasi unik olahan bayam ini siap menggoyang lidahmu

foto: ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.com

Pasti bingung kan kayak gimana rasa bolu dari bayam? Ternyata dengan memilih bayam segar kamu bisa menikmati bolu lembut dengan rasa gurih dan manis sekaligus.

Kuncinya adalah dengan memastikan hanya menggunakan bayam segar agar tidak berbau langu, kemudian dibuat menjadi puree yang teksturnya benar-benar halus. Untuk menyamarkan rasa bayam yang ada, kamu bisa menambahkan vanili dalam adonan. Selain itu bolu bayam ini juga bisa dihidangkan dengan berbagai toping, seperti keju, kismis, potongan ceri atau lelehan cokelat.

2. Mie.

5 Kreasi unik olahan bayam ini siap menggoyang lidahmu

foto: catatandapurvero.blogspot.co.id

Jika biasanya mie berwarna kuning, sekarang kamu bisa mencampur bayam untuk mendapat warna mie hijau yang berbeda dari lainnya. Caranya mudah, bayam yang sudah bersih diblender hingga halus, kemudian saring hingga mendapatkan air atau sarinya saja. Lalu campurkan sari bayam dengan adonan mie telur. Uleni hingga kalis elastis, giling, potong-potong mie sesuai selera dan rebus hingga matang.

3. Quiche Lorraine.

5 Kreasi unik olahan bayam ini siap menggoyang lidahmu

foto: recipe4living.com

Nama kuliner ini memang masih asing, makanan ini dibaca kish lor-rein. Quiche Lorraine adalah pie gurih dengan bahan isian telur dan krim kental atau susu. Bentuknya sekilas mirip pie susu.

Biasanya dalam bahan isian tersebut ada berbagai bahan tambahan seperti daging, keju, seafood dan sayuran. Salah satu sayuran yang tidak pernah absen yaitu bayam. Bayam dalam hidangan khas Perancis ini membuat warnanya semakin segar.

4. Nugget.

5 Kreasi unik olahan bayam ini siap menggoyang lidahmu

foto: cookpad.com

Panganan yang kebanyakan dibuat dari daging ini ternyata juga bisa dibuat dengan bahan sayuran seperti bayam lho. Meskipun tetap menggunakan daging ayam atau udang untuk menambah cita rasa, tapi rasa sayurnya tidak berkurang sama sekali.

Untuk nugget bayam, seduh atau blansir sebentar daun bayam yang sudah diiris lalu campurkan dengan adonan pembuat nugget seperti terigu, telur, daging giling dan bumbu penyedap. Kemudian lapisi dengan tepung panir dan goreng.

5. Omelet.

5 Kreasi unik olahan bayam ini siap menggoyang lidahmu

foto: loveindonesia.com

Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bukan? Berbahan dasar telur, omelet bisa kamu kombinasikan dengan bayam agar lebih sehat. Cukup dengan membersihkan bayam lalu diiris tipis secukupnya.

Selain bayam, kamu juga bisa menambahkan sayuran lain agar omelet lebih berwarna dan bertekstur. Sajian ini bisa dihidangkan sebagai sarapan atau bekal makan siang untuk anak-anak. Dijamin mereka nggak akan nolak bayam lagi deh kalau bentuknya kayak gini.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya