5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan

5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan

Brilio.net - Radang tenggorokan atau faringitis adalah peradangan di bagian faring atau tenggorokan bagian belakang. Penyakit ini timbul akibat bakteri atau virus yang menyerang ketika daya tahan tubuh sedang lemah. Radang ini membuat tenggorokan terasa kering dan sakit karena infeksi.

Banyak faktor yang menyebabkan peradangan di tenggorokan kamu. Faringitis ini lebih sering disebabkan tak tahannya tubuh menghadapi virus herpangina, parainfluenza atau mononucleosis. Penyakit radang yang disebabkan oleh virus hanya dapat sembuh jika kekebalan tubuh mulai membaik, bukan dengan pengobatan antibiotik. Lain halnya jika radang disebabkan oleh bakteri Streptokokus Grup A. Antibiotik dapat menjadi pilihan untuk menyembuhkan faringitis.

Tapi tahukah kamu, proses penyembuhan dapat terganggu oleh adanya prilaku konsumsi makanan yang salah. Alih-alih berangsur sembuh, tingkat peradangan bisa kian parah. Nah, apa saja bahan makanan yang dapat memperparah radang tenggorokan? Brilio.net sudah menghimpun dari berbagai sumber pada Rabu (17/4).

1. Makanan bersifat asam.

5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan

foto: Freepik

Berbeda penyembuhan terhadap batuk, jeruk yang mengandung serat pangan pektin dan folat dan vitamin C mempunyai dampak bagi kesehatan radang. Sifat asam pada jeruk kontra dengan bagian infeksi. Selain jeruk, ternyata permen karet juga termasuk ke dalamnya. Akibatnya, tenggorokan akan semakin kering dan gatal.

2. Serba Susu.

5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan

foto: Freepik

Baik susu murni atau pun olahan akan memperberat kerja antibodi. Hal ini dikarenakan produksi lendir akan lebih banyak. Gatal di bagian tenggorokan juga akan semakin parah. Dikutip dari sebuah jurnal Universitas Atmajaya Yogyakarta, Susu mengandung gula susu (laktosa) sekitar 5%, protein sekitar 3,5%, dan lemak sekitar 3-4%.

3. Makanan kering.

5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan

foto: Freepik

Makanan kering berpotensi memperparah luka pada bagian tenggorokan yang mengalami infeksi. Makanan kering cenderung bersifat kasar seperti kacang, keripik, biskuit dan gorengan akan membuat tenggorokan semakin gatal. Berbagai macam makanan tersebut juga susah ketika ditelan. Gantilah dengan mengkonsumsi makanan bertekstur lembut seperti bubur.

4. Kafein.

5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan

foto: Freepik

Makanan atau pun minuman yang mempunyai kandungan kafein akan menyamankan tenggorokan. Namun hal tersebut bersifat sementara layaknya kopi dan teh kemasan. Bila ingin mengkonsumsi teh, gantilah dengan teh herbal.

5. Makanan bersifat pedas.

5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan

foto: Freepik

Capsaicin adalah zat yang terkandung pada bahan-bahan makanan yang bersifat pedas, meliputi cabai, merica, paprika dan lain sebagainya. Rempah-rempah tersebut dapat menimbulkan radang menjadi-jadi. Luka pada bagian infeksi berpotensi tak kunjung reda. Awas, jangan sampai makanan pedas membuat tenggorokan kamu bengkak akibat infeksi.

(brl/pep)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya