5 Trik bikin manisan kolang-kaling agar mengkilap dan tidak berlendir

5 Trik bikin manisan kolang-kaling agar mengkilap dan tidak berlendir
TikTok/@ziamaulina

Brilio.net - Biasanya kolang-kaling diolah menjadi bahan utama pembuatan aneka minuman khas Nusantara. Seperti es buah, ronde, es blewah, dan lain-lain. Namun, kolang-kaling pun bisa diolah jadi manisan. Nah, manisan kolang-kaling ini menarik dijadikan camilan manis yang awet disimpan di kulkas, bahkan hingga berminggu-minggu.

Teksturnya kenyal dan rasanya manis segar, manisan kolang-kaling jadi salah satu kudapan bikin nagih. Di sisi lain, manisan kolang-kaling pun dapat dikreasikan menjadi berbagai rasa dan warna sesuai selera. Tak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, manisan kolang-kaling juga bisa diolah kembali sebagai campuran berbagai minuman maupun puding.

Kamu bisa mencoba membuat manisan kolang-kaling ini sendiri di rumah. Supaya tidak gagal membuat manisan kolang-kaling, perlu lebih diperhatikan lagi caranya, ya. Pasalnya, tak sedikit orang merasa membuat kolang-kaling itu tidak mudah. Teksturnya malah menjadi terlalu lembek karena salah merebus, cita rasanya kurang manis, bahkan ada pula yang justru berlendir ketika disimpan.

Selama menggunakan teknik dan bahan-bahan yang tepat, sebenarnya manisan kolang-kaling buatanmu akan enak. Tak hanya itu, tampilannya pun lebih menarik karena mengkilap dan tidak berlendir. Sebenarnya cukup memanfaatkan bahan-bahan yang simpel dan mudah ditemukan, kamu bisa membuat manisan kolang-kaling yang bisa dijadikan stok camilan.

Penasaran kan bagaimana cara membuat manisan kolang-kaling? Berikut telah BrilioFood rangkum dari TikTok/@ziamaulina pada Kamis (8/9).

Bahan yang diperlukan:
- Kolang-kaling
- Air
- Daun bambu

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya