5 Trik bikin pempek adaan agar mudah dibentuk dan hasilnya nggak keras

5 Trik bikin pempek adaan agar mudah dibentuk dan hasilnya nggak keras
TikTok/@miseliacampaka

Brilio.net - Pempek dikenal sebagai salah satu makanan olahan ikan khas Palembang. Jenis pempek beragam banget, ada kapal selam, lenjer, keriting, pistel, adaan, dan lainnya. Pempek biasanya disajikan pakai kuah cuko yang rasanya kombinasi antara pedas, asam, dan manis. Kerap pula ditambahkan dengan pelengkap seperti acar dan mi.

Tak cuma di Palembang, pempek pun banyak dijual di kota-kota lain, baik di restoran maupun pedagang kaki lima. Nggak melulu beli di luar, kamu bisa membuat pempek sendiri di rumah, lho. Dengan bikin pempek sendiri, kamu dapat mengatur bahan-bahan yang ingin dipakai agar tetap berkualitas dan rasanya sesuai selera.

Namun demikian, tak sedikit orang merasa kalau membuat pempek itu ribet, lho. Pasalnya, kalau salah buat, tekstur pempek bisa jadi keras. Apalagi, pempek punya adonan yang cukup lengket saat dibentuk, sehingga harus tahu triknya biar lebih mudah ketika dibentuk.

Nah, salah seorang warganet bernama Miselia sempat membagikan trik membuat pempek adaan, nih. Yuk, intip caranya. Simak lansiran BrilioFood dari TikTok/@miseliacampaka pada Selasa (22/11).

Bahan yang dibutuhkan:
- 1 kg daging ikan giling
- 300 ml air
- 50 ml santan instan
- 1/2 sdt lada bubuk
- 4 putih telur dingin
- Bawang merah cincang
- 2 sdt garam
- 2 sdt gula
- 2 sdt penyedap
- 500 gr tepung sagu atau tapioka
- Minyak goreng

(brl/lut)
SELENGKAPNYA

Video

  • Siomay Bandung

    01 / 09 / 2022 10:03
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA