6 Camilan sehat dari berbagai negara, ada keripik jangkrik

6 Camilan sehat dari berbagai negara, ada keripik jangkrik

Brilio.net - Meski sudah makan makanan berat sebelumnya, seringkali kamu masih akan merasa lapar beberapa jam setelah makan. Tidak heran jika kamu akan mencari camilan untuk mengganjal dan sekaligus menghilangkan rasa lapar tersebut.

Akan tetapi, kebiasaan makan camilan ini juga kerap dianggap sebagai kebiasaan yang tidak baik. Pasalnya, camilan yang dikonsumsi pada umumnya merupakan camilan-camilan yang termasuk dalam golongan kurang sehat.

Nah, ternyata ada beberapa jenis camilan sehat yang justru baik untuk kesehatan tubuh. Camilan-camilan sehat dari berbagai negara ini bahkan ada yang terbuat dari serangga lho. Penasaran bukan?

Mau tahu apa sajakah itu? Berikut enam camilan sehat dari berbagai negara yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (28/9).

1. Keripik jamur.

6 Camilan sehat dari berbagai negara, ada keripik jangkrik

foto: signaturemarket.co

Orang Thailand ternyata mempunyai kebiasaan mengonsumsi keripik jamur sebagai camilan untuk mengganjal perut ketika lapar melanda. Jamur sendiri adalah bahan pangan ajaib yang tidak hanya sehat, tetapi juga menawarkan rasa serta tekstur unik. Seperti jamus shiitake dalam belum keripik yang biasa dimakan orang Thailand. Camilan sehat ini dipercaya mampu meningkatkan kekebalan dan mendukung kesehatan jantung.

2. Kacang wasabi.

6 Camilan sehat dari berbagai negara, ada keripik jangkrik

foto: hbhonline.co.uk

Buat kamu pencinta makanan pedas, camilan sehat satu ini cocok banget nih. Pasalnya, kacang wasabi merupakan camilan yang akan sedikit memberi 'tendangan' saat disantap. Wasabi sendiri adalah bahan pangan yang mempunyai karakter menghentak ketika dimakan. Hentakan dari camilan ini pas banget untuk membuat kamu tetap bersemangat sepanjang hari. Selain itu, kandungan wasabi dalam camilan asal Jepang ini juga memiliki khasiat anti-peradangan yang ampuh.

3. Rumput laut kering.

6 Camilan sehat dari berbagai negara, ada keripik jangkrik

foto: rd.com

Camilan yang dinikamti hampir semua masyarakat di wilayah Asia ini memang dikenal sebagai salah satu camilan paling sehat. Bahkan camilan yang juga dikenal dengan nama seaweed strips ini pernah diakui CNN sebagai camilan gurih paling sehat di dunia. Seaweed strips sendiri berasal dari tradisi mengeringkan rumput laut untuk bumbu kaldu. Untuk mendapat manfaat sehatnya secara maksimal, pstikan untuk memilih snack rumput laut yang diolah dengan cara dipanggang.

4. Meat bites.

6 Camilan sehat dari berbagai negara, ada keripik jangkrik

foto: hy-vee.com

Makanan ringan ini bersifat paleo yang merupakan makananyang dibuat dari daging sapi. Biasanya berasal dari daging sapi yang diasap lalu dipotong-potong sebesar ukuran yang pas untuk disantap. Kemudian dijemur hingga setengah kering seperti dendeng. Camilan khas Inggris ini pada umumnya disajikan dalam enam rasa yang berbeda. Camilan bebas gluten dan kaya akan protein ini cocok banget untuk dikonsumsi sebagai makanan pengganjal penghilang lapar.

5. Keripik jangkrik.

6 Camilan sehat dari berbagai negara, ada keripik jangkrik

foto: goodeggs.com

Meski terdengar menggelikan, namun ternyata sudha banyak ahli nutrisi yang berhasil membuktikan bahwa kandungan gizi pada serangga cukup tinggi. Tidak terkecuali pada jangkrik. Bahkan para pakar juga memprediksi bahwa serangga akan menjadi masa depan panganan sehat dunia. Nah di Amerika Serikat, belakangan ini keripik jangkrik (cricket chips) semakin populer. Keripik berbahan dasar jangkrik ini dibuat layaknya keripik kentang. Tenang saja, bentuk, bau dan rasanya sudah dipadatkan dengan formulasi khusus sehingga menjadi kudapan gurih yang lezat.

(brl/pep)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya