7 Buah ini bantu naikkan berat badan tanpa bikin perut buncit

25 / 09 / 2021 14:32 WIB Nisa Akmala
7 Buah ini bantu naikkan berat badan tanpa bikin perut buncit
foto ilustrasi: pexels.com

Brilio.net - Ngomongin soal berat badan ideal nggak melulu identik dengan tubuh langsing. Terlalu kurus, atau terlalu gemuk pun tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berapa berat badan idealmu sebelum memutuskan diet.

Sama seperti menurunkan berat badan, menaikkan berat badan juga nggak semudah yang dibayangkan lho. Nggak asal makan, kamu juga perlu memerhatikan asupan makan agar bisa mendapat berat badan seimbang.

Jika salah mengonsumi makanan, kamu justru bisa mengalami kenaikkan berat badan yang membuat perut jadi buncit dan berat badan tak terkontrol. Nah, ternyata ada beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi buat kamu yang sedang menaikkan berat badan.

Kandungan dalam buah-buah ini bisa membantu menaikkan berat badan secara alami tanpa membuat perut buncit. Tapi, kamu juga harus mengimbangi dengan olahraga rutin dan menjalankan pola hidup sehat ya. Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Sabtu (25/9), berikut buah yang bisa bantu naikkan berat badan.


1. Alpukat.

Buah naikkan berat badan  pexels.com

foto: pexels.com

Alpukat nggak hanya jadi buah andalan saat diet menurunkan berat badan. Buah yang mengandung lemak paling banyak ini juga bisa bantu menaikkan berat badan. Lemak dalam alpukat merupakan lemak sehat yang bagus untuk kesehatan.

Dalam satu buah alpukat berukuran besar terdapat sekitar 320 kalori, 30 gram lemak, dan 18 gram serat. Oleh karena itu, alpukat cocok jadi makanan wajib penambah berat badan ideal.

2. Pisang.

Buah naikkan berat badan  pexels.com

foto: pexels.com

Dilansir dari healthline.com, dalam satu pisang berukuran sedang mengandung kurang lebih 105 kalor dan 0,4 gram lemak. Buah satu ini jadi pilihan tepat untuk menaikkan berat badan ideal. Pisang juga tinggi serat dan mikronutrien yang baik buat kesehatan.

3. Mangga.

Buah naikkan berat badan  pexels.com

foto: pexels.com

Jadi salah satu sumber kalori dan karbohidrat yang baik. Mangga juga cocok dikonsumsi untuk menaikkan berat badan. Meski begitu, kamu harus memerhatikan porsi makannya ya. Pasalnya, mangga mengandung kadar gula tinggi yang tidak cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

4. Kelapa.

Buah naikkan berat badan  pexels.com

foto: pexels.com

Sudah bukan rahasia lagi, kalau kelapa punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bisa menurunkan berat badan, daging kelapa juga efektif untuk menaikkan berat badan. Dalam 28 gram daging kelapa, mengandung 99 kalori dan 9,4 gram lemak.

Selain itu, kelapa juga mengandung banyak mineral penting seperti fosfor dan tembaga. Kamu bisa mengonsumi daging kelapa dengan banyak cara, jadi campuran salad hingga smoothie.

5. Nanas.

Buah naikkan berat badan  pexels.com

foto: pexels.com

Tahu nggak sih, kalau nanas ternyata bisa membantu menaikkan berat badan? Dalam satu porsi terdapat sekitar 84 gram kalori yang bisa memaksimalkan program naikkan berat badan kamu. Dalam satu cangkir nanas juga mengandung 78,9 mg vitamin C yang baik untuk meningkatkan imun tubuh.

6. Anggur.

Buah naikkan berat badan  pexels.com

foto: pexels.com

Anggur juga jadi salah satu buah dengan kandungan kalori tinggi. Dalam satu cangkir anggur mengandung 104 kalori yang bisa membantumu mencapai berat badan ideal. Anggur juga memiliki manfaat lain, seperti mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

7. Kurma.

Buah naikkan berat badan  pexels.com

foto: pexels.com

Sudah jadi rahasia umum, kalau kurma punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Nggak hanya ampuh mencegah berbagai penyakit, kurma juga bisa membantu menambah berat badan ideal lho. Satu biji kurma ternyata mengandung 66,5 kalori, 0,1 gram lemak dan 18 gram karbohidrat.

Kurma juga merupakan sumber zat besi dan vitamin B6 yang baik. Agar program menaikkan berat badan makin maksimal, kamu bisa mengonsumi kurma dengan dicampur kacang almond atau potongan daging kelapa untuk menambah kalori.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA

Video

  • Pizza Brust Teflon

    25 / 10 / 2021 10:02
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA