7 Cara bikin kecap manis dari air kelapa, dijamin antigagal

7 Cara bikin kecap manis dari air kelapa, dijamin antigagal
foto: YouTube/Santo Sapi

Brilio.net - Kecap manis termasuk bumbu masak yang wajib ada di dapur. Rasa manis dan aroma kedelainya yang khas membuat masakan jadi semakin lezat dan legit. Selain menambah cita rasa, kecap manis yang berwarna cokelat kehitaman juga bisa bikin tampilan sebuah masakan lebih menggugah selera.

Dilihat dari proses pembuatannya, kecap manis yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari ekstrak hasil fermentasi kedelai. Kemudian kedelai tersebut ditambah dengan bahan lain untuk menciptakan rasa kecap yang manis dan lezat. Namun tahu nggak sih? Sebenarnya kecap manis bisa dibuat dengan bahan lain, yakni air kelapa.

Ide kecap manis yang terbuat dari air kelapa ini mulanya merupakan upaya untuk memanfaatkan limbah air kelapa tua. Karena biasanya, air kelapa tua kerap dibuang begitu saja dan memiliki nilai jual yang rendah dibandingkan air kelapa muda. Padahal penggunaan air kelapa tua ini bisa memberikan rasa gurih dan manis alami pada kecap yang dihasilkan.

Salah satu warganet YouTuber bernama Santo sudah membuktikan hal tersebut. Melalui unggahannya di YouTube Santo Sapi, dia membeberkan cara mudah membuat kecap manis dari bahan dasar air kelapa. Selain air kelapa, bahan-bahan lain yang dibutuhkan juga cukup mudah didapat, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya