7 Cara bikin takoyaki ala rumahan yang enak dan cantik meski tanpa cetakan

7 Cara bikin takoyaki ala rumahan yang enak dan cantik meski tanpa cetakan
foto: YouTube/Puguh Kristanto Kitchen

Brilio.net - Takoyaki menjadi jajanan populer hingga saat ini. Selain dijual di pinggiran jalan, takoyaki juga ada di mal hingga restoran ala Jepang.

Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur bumbu lalu digoreng dengan cetakan khusus yang berbentuk bulat. Agar rasanya lebih nikmat, takoyaki sengaja diisi dengan potongan gurita. Namun, saat ini sudah banyak yang mengkreasikan isiannya dengan berbagai bahan. Mulai dari sosis, keju, cumi, dan lain-lain.

Berbagai bahan tersebut membuat takoyaki terasa lebih enak saat disantap. Terlebih saat matang, takoyaki ditambah saus dan katsuobushi atau serutan ikan cakalang asap, akan makin nikmat.

Nah, buat kamu pecinta takoyaki, kamu bisa lho mencoba membuat takoyaki sendiri di rumah. Selain cara membuatnya yang mudah, kamu juga bisa berkreasi memilih isian takoyaki sesuai selera.

Tak perlu khawatir jika tidak memiliki cetakan takoyaki di rumah, karena ternyata ada solusi praktis yang bisa kamu tiru. Cara ini dibagikan oleh seorang warganet bernama Puguh Kristanto. Di salah satu video YouTubenya, tak hanya berbagi resep, namun ia juga menunjukkan setiap tahapannya saat membuat takoyaki tanpa menggunakan cetakan. Meski begitu, takoyaki yang dihasilkan tetap nampak cantik sekaligus menggiurkan.

"Kan takoyaki kan harus ada cetakannya, akhirnya aku cari di internet ternyata ada. Kemudian bahan-bahannya kok susah, akhirnya aku modif sendiri, yang susah-susah aku ganti jadi mudah. Alhamdulillah takoyakinya tetap enak rek, kek asli yang pake dashi," ungkapnya.

Jadi penasaran, kan bagaimana cara membuatnya? Berikut telah BrilioFood lansir dari YouTube Puguh Kristanto Kitchen pada Senin (16/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya