7 Cara membuat bumbu kering untuk masakan Padang, tahan lama dan bisa jadi stok

7 Cara membuat bumbu kering untuk masakan Padang, tahan lama dan bisa jadi stok
foto: YouTube/UDA AWAL

Brilio.net - Masakan Padang sudah menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia. Bukan tanpa alasan, masakan Padang sendiri memang memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Menu masakan seperti rendang, ayam pop, atau dendeng balado selalu bisa konsisten memanjakan lidah.

Masakan Padang atau Minang ini dikenal memiliki rasa utama yang gurih dan pedas. Cita rasa ini berasal dari penggunaan santan dan cabai sebagai bumbu khasnya. Namun tidak hanya itu, masakan Padang juga biasanya dibuat dari bumbu-bumbu rempah yang melimpah.

Meskipun menunya berbeda-beda, namun ada satu bumbu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar dalam semua menu masakan Padang. Bumbu ini berupa bumbu kering (bubuk) yang terbuat dari kombinasi rempah-rempah. Bumbu kering ini bisa menambah cita rasa pada rendang, gulai, atau masakan santan lain khas Padang.

Biasanya, bumbu ini dijual dalam bentuk kemasan plastik yang kecil. Namun sayangnya tidak semua toko, swalayan, atau pasar menjual bumbu kering khas masakan Padang ini. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat sendiri bumbu kering dari rempah-rempah ini.

Salah satu pengguna YouTube bernama UDA AWAL membagikan resep dari bumbu kering tersebut. Melalui video yang diunggah, dia menjelaskan dengan detail bahan yang dipakai. Sebagian besar bahannya adalah rempah-rempah, sehingga bisa bumbu kering bisa digunakan untuk berbagai masakan Padang.

"Ini nanti bisa dibuat bumbu kering serbaguna buat masakan Padang," kata YouTube UDA AWAL.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya