7 Cara membuat bumbu rujak bubuk ala pedagang keliling, bisa jadi stok

7 Cara membuat bumbu rujak bubuk ala pedagang keliling, bisa jadi stok
foto: TikTok/@yessbaby98

Brilio.net - Banyak cara untuk dapat mengonsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari. Buah bisa dikonsumsi langsung, diminum dalam bentuk jus, dijadikan smoothies, dihidangkan jadi rujak, dan lain sebagainya. Rutin makan buah sudah nggak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, buah merupakan sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat konsumsi buah yaitu bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, inflamasi, diabetes, dan lain-lain. Para ahli juga merekomendasi buat konsumsi buah setiap hari, lho.

Di Indonesia sendiri, cara menikmati buah dengan disajikan sebagai rujak banyak difavoritkan. Selain memberi rasa segar dari buah-buahan, rujak juga menghadirkan sensasi pedas dan manis dari sambal cocolannya. Sambal rujak yang terkenal di Indonesia sendiri ada 2 jenis, yakni basah dan bubuk.

Biasanya, sambal rujak bubuk dijadikan cocolan untuk mangga muda, bengkuang, dan buah lainnya. Bumbu rujak bubuk ini punya kombinasi gurih, asin, pedas, dan manis yang nikmat banget. Nggak melulu beli di pedagang rujak keliling, bumbu rujak bubuk ini bisa banget dibuat di rumah.

Kamu bisa meniru resepnya dari salah satu konten kreator di TikTok bernama Yessi yang membagikan resep bumbu rujak bubuk lewat unggahannya pada Oktober 2022 lalu. Ia juga menjelaskan, kalau bumbu rujak bubuk ini bisa dijadikan stok dan tahan lama walau hanya disimpan di suhu ruang.

Penasaran gimana cara membuatnya? Berikut tujuh cara membuat bumbu rujak bubuk ala pedagang keliling yang bisa jadi stok, dilansir BrilioFood dari TikTok/@yessbaby98, Senin (19/9).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya