7 Cara membuat ikan peda sendiri tanpa pengawet, bisa buat stok

7 Cara membuat ikan peda sendiri tanpa pengawet, bisa buat stok
foto: TikTok/@verahamami

Brilio.net - Sebagian orang Indonesia masih menganggap ikan peda adalah salah satu jenis ikan. Padahal sebenarnya, ikan peda merupakan ikan yang telah melalui proses fermentasi dan pengawetan. Dengan memanfaatkan garam, olahan ikan satu ini bisa lebih tahan lama. Tak heran jika ikan peda memiliki rasa yang sangat asin.

Pada dasarnya ikan peda cukup mudah ditemukan di pasar atau di warung terdekat. Namun jika ingin memastikan ikan peda yang dikonsumsi aman tanpa pengawet tambahan, membuat sendiri dirumah barangkali bisa jadi pilihan terbaik. Membuat ikan peda sendiri cenderung lebih sehat dan berkualitas. Ikan peda yang dibuat ini juga bisa buat stok makan di rumah.

Kamu bisa menyajikannya dengan cara digoreng atau diolah bersama bumbu asam manis, tomat pedas, bumbu merah, cabai hijau, dan masih banyak lagi. Untuk membuat ikan peda, sebaiknya gunakan ikan laut sebagai bahan dasar. Kamu bisa memanfaatkan ikan kembung yang harganya cenderung terjangkau dan mudah di dapat. Selain itu, rasanya juga dijamin lebih enak saat diolah jadi peda.

Cara membuat ikan kembung jadi ikan peda ini dibagikan oleh seorang warganet di TikTok dengan akun @verahamami. Dalam video berdurasi 2 menit 54 detik ini, bahan yang dibutuhkan hanya 2 kg ikan kembung dan 180 gr garam. Penasaran seperti apa caranya? Simak ulasannya, dirangkum BrilioFood dari TikTok/@verahamami pada Kamis (6/10).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya