7 Cara membuat kelapa sangrai untuk bumbu rendang, lebih mudah tanpa diulek

7 Cara membuat kelapa sangrai untuk bumbu rendang, lebih mudah tanpa diulek
YouTube/Glentina Pasaribu

Brilio.net - Salah satu bumbu utama yang kerap digunakan untuk membuat rendang adalah kelapa sangrai atau kelapa gongseng. Bumbu ini memiliki rasa gurih dan aroma yang khas, membuat masakan seperti rendang pun jadi semakin enak.

Cara membuat kelapa sangrai ini terbilang susah-susah gampang. Pasalnya, untuk menghasilkan bumbu kelapasangrai lembut, perlu mengulek kelapa dalam waktu cukup lama, tenaga yang digunakan pun lumayan besar. Proses mengulek tersebut bertujuan untuk mengeluarkan minyak alami yang terdapat pada kelapa.

Karena terbilang melelahkan, banyak orang kemudian enggan membuat bumbu satu ini. Padahal bumbu kelapa sangrai sendiri sangat berperan penting untuk meningkatkan rasa gurih dan sedap pada rendang.

Tapi tahu nggak sih, kelapa sangrai ini sebenarnya bisa dibuat dengan lebih mudah, lho. Kamu nggak perlu susah-susah mengulek kelapa untuk mengeluarkan minyak alaminya. Nah, manfaatkan saja blender atau food processor seperti yang dilakukan pengguna YouTube/Glentina Pasaribu.

Melalui salah satu unggahannya, dia memberikan tutorial membuat kelapa sangrai dengan lebih mudah tanpa diulek. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk langsung simak lansiran BrilioFood dari YouTube/Glentina Pasaribu pada Minggu (18/12).

Bahan yang dibutuhkan:
- 1 butir kelapa tua, parut

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya