7 Makanan dan minuman khas Salatiga, sudah pernah coba?

14 / 05 / 2021 12:02 WIB Intan Palupi
assets

Brilio.net - Salatiga merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Tengah bagian Timur. Kota Salatiga dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Merbabu, Merapi, Ungaran, dan Telomoyo. Nggak heran kalau kota Salatiga memiliki udara sejuk dan dikelilingi pemandangan yang indah.

Kota yang satu ini juga memiliki beberapa tempat wisata dan tempat-tempat bersejarah lho. Kota ini pun banyak dikunjungi masyarakat untuk sekadar beristirahat maupun menikmati pemandangan.

Tak hanya pemandangan dan tempat bersejarah, Salatiga juga punya makanan khas yang menggiurkan. Buat kamu yang sedang berkunjung ke Salatiga, kurang lengkap rasanya kalau belum mencoba makanan khasnya.

Penasaran apa saja makanan khas dari Salatiga? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat(14/5), 7 makanan khas Salatiga yang wajib banget dicoba.

1. Sate sapi suruh.

7 Makanan khas Salatiga © berbagai sumber

foto: Instagram/@ratujajan_

Sate sapi suruh dilengkapi dengan bumbu kacang, kecap, irisan bawang, dan jeruk nipis. Biasanya, sate khas Salatiga ini memiliki bentuk daging yang besar.

2. Opor bebek.

7 Makanan khas Salatiga © berbagai sumber

foto: Instagram/@umi_yuniarti

Hidangan bebek ini disajikan dengan kuah santan kental. Rasa bumbu dari opor ini bisa meresap sempurna. Jika dimasak dengan metode tradisonal memakai tungku, cita rasanya lebih nikmat.

3. Soto esto.

7 Makanan khas Salatiga © berbagai sumber

foto: Instagram/@lilyanisoetirta

Soto ini memiliki kuah kaldu berwarna bening kekuningan dengan campuran santan. Biasanya bahan isian soto esto terdiri dari mi beras, irisan ayam, dan kerupuk kerak nasi. Soto khas ini sangat cocok dinikmati di tengah dinginnya kota Salatiga.

4. Bakmi djowo.

7 Makanan khas Salatiga © berbagai sumber

foto: Instagram/@leinana__

Bakmi djowo adalah salah satu kuliner khas Salatiga yang cukup dikenal. Mi dari bakmi djowo ini memiliki tekstur kenyal dan lebar. Bumbu dari bakmi ini terbuat dari racikan rempah-rempah.

5. Gecok kambing.

7 Makanan khas Salatiga © berbagai sumber

foto: Instagram/@gaepsculinary

Jika dilihat sekilas, gecok kambing mirip seperti tongseng. Namun, gecok kambing ini punya bumbu yang berbeda dengan tongseng, yaitu racikan rempah-rempahnya. Tekstur dari kuahnya pun sedikit kasar karena terdapat kelapa sangrai di dalamnya.

6. Ronde sekoteng.

7 Makanan khas Salatiga © berbagai sumber

foto: Instagram/@putri.photowork

Ronde sekoteng adalah makanan khas Salatiga terkenal sejak dahulu. Ronde terbuat dari tepung beras yang diisi gula merah, kemudian dibentuk bulat seperti bola. Ronde tersebut kemudian diberi kuah jahe dan isian lain seperti kacang hijau, kacang tanah, dan irisan roti tawar.

7. Enting-enting gepuk.

7 Makanan khas Salatiga © berbagai sumber

foto:Instagram/@nyemildanmakan

Enting-enting gepuk adalah salah satu oleh-oleh khas Salatiga. Makanan ringan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Enting-enting gepuk terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk bersama gula merah.

(brl/red)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA