7 Trik membuat manisan kolang-kaling, teksturnya empuk dan legit

7 Trik membuat manisan kolang-kaling, teksturnya empuk dan legit
foto: Instagram/@jayantitutieka

Brilio.net - Saat buka puasa, makanan atau minuman manis jadi primadona yang banyak diincar untuk disantap. Nggak salah, kalau berbagai kudapan manis dari kolang-kaling, seperti manisan, kolak, atau es kolang-kaling banyak diburu. Buah dari biji pohon aren ini banyak dijadikan stok di rumah selama bulan Ramadan.

Selain jadi campuran pada minuman, kolang-kaling juga banyak diolah jadi manisan yang awet disimpan di kulkas berminggu-minggu. Dengan tekstur kenyal serta rasa manis dan segar, manisan kolang-kaling bisa jadi camilan yang bikin nagih. Hidangan ini pun bisa diolah jadi berbagai rasa dan warna menyesuaikan selera.

Manisan kolang-kaling bisa disantap langsung, bisa juga dicampur jadi puding hingga minuman. Cara mengolah kolang-kaling pun ada trik tersendiri agar teksturnya empuk dan legit. Meski mudah, manisan kolang-kaling yang asal diolah justru bisa berubah keras. Dilansir BrilioFood dari berbabagi sumber pada Kamis (7/4), berikut sejumlah trik mengolah kolang-kaling agar teksturnya empuk dan legit.

1. Pastikan mencucinya dengan benar.

7 Trik membuat manisan kolang-kaling, teksturnya empuk dan legit

foto: Youtube/Resep Mama Koko

Kolang-kaling yang dijual di pasaran biasanya sudah dalam rendaman air mentah. Nah, rendaman air tersebut lah yang membuat kolang-kaling menjadi berlendir. Untuk menghilangkan lendir kolang-kaling, cukup dibersihkan di bawah air mengalir hingga seluruh lendir bersih. Lalu, tiriskan kolang kaling.

2. Rendam kolang-kaling dengan air beras.

7 Trik membuat manisan kolang-kaling, teksturnya empuk dan legit

foto: Youtube/Site

Ada cara memasak kolang-kaling agar rasa asamnya berkurang, yaitu dengan merendamnya pakai air beras. Sebelum direndam, cuci bersih kolang-kaling beberapa kali, kemudian rendam dengan air beras selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Air beras bisa membantu mengurangi lendir dan rasa asam dari daging kolang-kaling.

3. Rebus kolang-kaling dengan air mendidih.

7 Trik membuat manisan kolang-kaling, teksturnya empuk dan legit

foto: Youtube/Atha naufal

Setelah kolang-kaling bersih dan direndam dalam air beras, masukkan kolang-kaling dalam pancir yang berisi air mendidih, kemudian rebus selama 15 menit. Angkat dan tiriskan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya