8 Bahaya melewatkan santap sahur, bisa sebabkan berbagai penyakit

8 Bahaya melewatkan santap sahur, bisa sebabkan berbagai penyakit
foto: Pexels/Timur Weber

Brilio.net - Bulan suci Ramadan nggak hanya jadi momen untuk memperoleh pahala, tapi puasa juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari clevelandclinicabudhabi.ae, puasa bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, membersihkan tubuh dari racun, mencegah stroke, meningkatkan mood, dan lain-lain.

Namun, manfaat-manfaat yang didapat saat puasa tersebut tetap harus diiringi kebiasaan sehari-hari yang tepat pula, lho. Contohnya seperti mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, mencegah makanan tinggi lemak dan gula, mencukupi kebutuhan air putih, olahraga secara rutin, dan kebiasaan baik lainnya.

Di sisi lain, sahur juga merupakan hal penting yang tak boleh dilewatkan selama puasa. Memang saat sahur nampaknya rasa kantuk meningkat dua kali lipat. Tetapi, sebaiknya alasan tersebut nggak bikin kamu melewatkan sahur, ya. Sebab, menyantap makanan dan minuman saat sahur terbukti penting dan bisa mendukung puasa lancar, lho.

Sebaliknya, jika melewatkan sahur justru bisa berdampak buruk untuk tubuh, lho. Berikut delapan bahaya melewatkan santap sahur yang bisa sebabkan berbagai penyakit, dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (12/4).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya