8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

Brilio.net - Yogyakarta atau Jogja tidak hanya memiliki banyak tempat wisata yang indah, tapi ragam kulinernya pun memanjakan lidah. Makanya, berwisata kuliner di Jogja bakalan bikin nagih.

Membahas kuliner Jogja, banyak sekali makanan ataupun minuman khas yang disukai wisatawan. Harganya pun beragam, dari yang murah hingga mahal.

Di Jogja banyak minuman yang dibuat menggunakan rempah-rempah yang khas. Karena itu, selain menghasilkan rasa yang khas, juga bisa untuk kesehatan tubuh kamu.

Nah kali ini, Kamis (23/1), brilio.net merangkum beberapa minuman khas Jogja yang harus kamu coba jika berkunjung ke Kota Yogyakarta ini. Meski minuman khas dan bahan dasarnya berbeda, harga jual untuk minuman khas Jogja cukup murah lho, jadi kamu tidak perlu khawatir soal harga.

1. Rujak es krim Pak Nardi.

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

foto: Instagram/@jogjafoodhunter

Perpaduan rujak buah dan es krim memang cukup aneh, tetapi kuliner ini banyak digemari wisatawan ataupun penduduk lokal lho. Kuliner home made Pak Nardi ini cukup hits.

Buat kamu yang ingin mencoba kuliner unik ini bisa datang ke daerah Pakualaman pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Untuk harganya sangat murah, yakni Rp 6.000-an untuk satu porsinya.

2. Es buah PK.

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

foto: Instagram/@esbuahpk.jogja

Es buah yang sudah eksis sejak 1973 ini merupakan kuliner legendaris Yogyakarta. Lapak kaki lima ini selalu ramai pembeli setiap harinya.

Isi es buahnya juga berbagai macam, dari cincau hitam, alpukat, kelapa muda, sawo, es parut, dan susu cokelat. Gimana, menggoda kan?

Kamu bisa mencoba es buah legendaris ini dengan harga Rp 8.000-an saja. Lapak es buah ini berada di daerah Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis.

3. Wedang tahu Bu Kardi.

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

foto: Instagram/@wedangtahujogja

Buat kamu yang ingin mencoba minuman hangat, tapi dengan rasa yang berbeda, wedang tahu ini bisa menjadi pilihanmu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi daerah Jetis tepatnya di Jalan Kranggan No 75.

Wedang tahu Bu Kardi buka setiap hari pukul 06.30 hingga 11.00 WIB. Untuk harganya cukup dengan Rp 6.000-an kamu bisa menikmati wedang tahu ini.

4. Wedang ronde Mbah Payem.

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

foto: Instagram/@jogjafood

Jika tadi ada wedang tahu, kali ini kamu harus coba wedang ronde khas Jogja. Salah satu wedang ronde yang ada di Jogja, wedang ronde Mbah Payem ini cukup terkenal.

Mbah Payem berjualan di daerah Jalan Kauman, Ngupasan, Gondomanan, setiap hari pukul 19.30 hingga 02.00 WIB. Untuk harganya sangat murah, yakni cuma Rp 5.000-an.

5. Kopi jos.

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

foto: Instagram/@jogja_today

Minuman ini salah satu minuman yang terkenal dan khas di Yogyakarta. Kopi ini berbeda dengan kopi-kopi pada umumnya, biji kopi untuk membuat kopi jos ini merupakan biji kopi tradisional yang berasal dari sekitar Jogja.

Ciri khas kopi jos ada penyajiannya dengan mencelupkan arang membara ke dalam seduhan kopi.

Selain itu, air yang untuk meyeduh kopi direbus dengan menggunakan ketel yang dipanasi bara arang.

Kamu bisa menikmati kopi ini di berbagai kedai angkringan di Jogja. Tapi ada salah satu angkringan yang terkenal dengan kopi jos-nya, yaitu angkringan Lik Man di utara Stasiun Yogyakarta. Kopi ini bisa dinikmati dengan harga Rp 5000-an saja.

6. Wedang uwuh.

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

foto: Instagram/@putritaruno

Kali ini ada minuman yang bisa menghangatkan tubuh sekaligus bagus untuk kesehatan. Wedang uwuh merupakan minum khas Jogja yang disajikan dalam keadaan panas atau hangat dan memiliki rasa manis juga pedas.

Wedang ini dibuat dari campuran berbagai macam rempah, salah satunya jahe dan secang yang membuat minuman ini terasa pedas dan berwarna merah. Kamu bisa menikmati wedang ini di berbagai angkringan atau membeli dalam bentuk sachet siap seduh di warung-warung.

Dengan harga sekitar Rp 3.500 kamu bisa menikmati wedang uwuh ini, dan jika ingin membeli yang sachet harganya sekitar Rp 2.000.

7. Bir pletok.

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

foto: resep koki

Minuman ini sudah ada sejak tahun 1930-an. Meskipun namanya bir tapi minuman ini tidak mengandung alkohol.

Orang Jogja biasanya meminum ini untuk menghangatkan badan. Bahan pembuatnya dari berbagai jenis rempah-rempah, seperti kayu secang, kapulaga, pandan, serai, dan cengkih.

Semua bahan tersebut direbus, ditambahkan gula batu, lalu didinginkan. Selanjutnya diberi air perasan jeruk nipis, disaring dan dimasukan ke dalam botol. Sebelum diminum, kocok dulu hingga berbusa.

Kamu bisa mendapatkan minuman ini di berbagai rumah makan maupun toko oleh-oleh dengan harga sekitar Rp 20.000 per botol.

8. Es semlo.

8 Wisata kuliner minuman khas Jogja, murah dan enak

foto: istimewa

Minuman ini berisi pisang dengan kuah rebusan gula pasir dan beberapa rempah. Meskipun disajikan secara dingin, tapi minuman ini bisa menghangatkan tubuh karena kandungan rempah-rempah.

Kamu bisa membeli es semlo ini di pinggiran jalan Yogyakarta.

Reporter: mgg/Nazaroh Awalia

(brl/pep)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya