9 Cara mudah membuat tempe sendiri di rumah, hanya pakai 3 bahan

9 Cara mudah membuat tempe sendiri di rumah, hanya pakai 3 bahan
foto: TikTok/@Wenda

Brilio.net - Tempe termasuk makanan olahan kedelai yang punya cita rasa lezat dan tinggi nutrisi. Dilansir dari healthline.com, tempe tinggi kandungan protein, vitamin, dan mineral. Manfaat dari mengonsumsi makanan satu ini antara lain bisa menstabilkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan masih banyak lagi.

Makanan asli dari Indonesia ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, lho. Kini, tempe pun sudah mulai populer di berbagai negara lain, terutama bagi yang menerapkan pola makan vegetarian. Pasalnya, tempe bisa jadi sumber protein pengganti daging hewani.

Namun, sudah pasti di luar negeri lebih susah untuk mencari tempe. Seperti pengalaman salah satu pengguna TikTok @Wenda yang tinggal di luar negeri. Biar tetap bisa mengonsumsi tempe, ia kerap membuatnya sendiri, lho. Hanya pakai tiga bahan seperti kacang kedelai, ragi, dan air.

Namun, memang cara membuatnya harus telaten dan higienis. Karena, jika keliru dalam membuatnya, tempe bisa gagal dibuat dan hasilnya menghitam, berjamur, dan membusuk. Cara membuat tempat rumahan ini pun bisa kamu terapkan untuk di rumah. Dengan begitu, bahan, kualitas, hingga kebersihannya terjamin.

Dilansir BrilioFood dari TikTok/@Wenda pada Minggu (10/7), berikut cara membuat tempe homemade di rumah yang antigagal.

(brl/mal)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA