9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

Brilio.net - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang tak pernah ditinggalkan untuk resep masakan. Dalam bahasa Latin bawang putih disebut dengan Allium Sativum. bawang putih ini termasuk dalam dalam tanaman amarilis dan bersaudara dengan bawang merah. Bawang putih ini juga merupakan umbi siung asli Asia Tengah. Selain dimanfaatkan untuk penyedap rasa enak pada masakan, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Dalam satu bawang utih biasanya terdapat 1-8 siung. Satu siung bawang putih memiliki berat sekitar 6-8 gram. Kandungan yang terdapat pada bawang putih ini di antaranya sulfur alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan sialil trisulfida.

Bawang putih memiliki ciri khas bau yang menyengat dan rasanya getir. Namun dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat bawang putih telah dikenal sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Jika dikonsumsi secara rutin dengan porsi tertentu dapat membantu menyingkirkan berbagai banyak infeksi dan penyakit. Terutama sekali bawang putih direbus tanpa campuran bahan-bahan lainnya.

Mungkin buat kamu yang sedang dalam keadaan kurang sehat, dan mencari pengobatan dari bahan alami, bawang putih rebus bisa jadi solusi. Nah, brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/10), berikut 9 manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Penyakit kanker memang dianggap penyakit yang sukar disembuhkan dan belum ada obatnya. Meskipun pernah ada beberapa orang dari berbagai belahan dunia pernah dikabarkan sembuh dari kanker. Namun, ada pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Bawang putih rebus inilah solusinya.

Kandungan sulfur bioaktif pada bawang putih bisa mencegah pembentukan sel kanker pada tubuh kita. Studi lain menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih rebus berisiko lebih kecil untuk terkena kanker usus besar.

2. Obat batuk.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Jika kamu mengalami batu dan tak kunjung sembuh, gunakan obat aman dan alami. Dengan rutin mengonsumsi bawang putih rebus setiap hari dapat mengatasi batuk yang kamu derita. Kandungan dalam bawang putih sangat efektif mencegah penyakit batuk. Bahkan bawang putih juga bisa mengatasi sinus. Sifat antibakteri ini dapat mengatasi penyakit flu.

3. Obat flu ringan maupun berat.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Apabila terserang flu, kondisi badan lemah, demam, atau kepala pusing, kamu bisa mengatasinya dengan bawang putih rebus. Manfaat dari bawang putih rebus lainnya yaitu untuk mengatasi penyakit flu ringan maupun flu berat.

4. Obat mengatasi wasir.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Penyakit wasir bisa dialami pria maupun wanita. Penyakit ini sangat tidak nyaman karena sangat mengganggu kegiatan kamu ketika sedang berada di luar rumah untuk melakukan ragam aktivitas berat. Nah solusinya dengan mengonsumsi bawang putih rebus secara teratur dalam porsi secukupnya. Konsumsi bawang putih rebus hingga penyakit terasa mulai sembuh.

5. Mengobati keputihan.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Selain dapat mengatasi wasir, bawang putih rebus juga dapat mengobati keputihan yang dialami perempuan. Keputihan memang tidak baik bahkan dapat menjadikan miss V menjadi gatal. Oleh karena itu, konsumsi bawang putih rebus secara rutin dapat mengatasi masalah ini. Kandungan zat antijamur, antimikroba, dan antibakteri yang terkandung dalam satu jenis umbi tersebut bisa menyembuhkan keputihan.

6. Sebagai obat asma dan infeksi paru-paru.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Tahukah kamu bagi orang yang sering mengalami asma biasanya akan mengonsumsi bawang putih. Untuk itu salah satu manfaat dari bawang putih rebus adalah dapat mengobati asma. Selain asma bawang putih bermanfaat untuk infeksi paru-paru. Beberapa penyebab infeksi di antaranya karena kuman, bakteri atau virus yang bersarang pada paru-paru. Disarankan untuk mempercepat penyembuhan penyakit ini dengan mengonsumsi 2 siung bawang putih rebus.

7. Meningkatkan stamina tubuh.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Kamu yang senang beraktivitas padat di luar rumah setiap hari, pastilah kamu memerlukan kondisi stamina tubuh yang prima sepanjang hari. Bahkan terkadang membutuhkan asupan energi tambahan. Mengonsumsi bawang putih rebus secara rutin, ampuh untuk meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah menurun dan kurang semangat.

8. Menjaga kesehatan jantung.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Jantung yang sehat sangat berpengaruh besar bagi tubuh, sebab jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh. Menjaga kesehatan jantung sangat penting, salah satu caranya adalah rutin mengonsumsi bawang putih rebus dalam porsi secukupnya.

9. Untuk mengatasi kolesterol.

9 Manfaat bawang putih rebus untuk kesehatan

foto: freepik.com

Mengonsumsi bawang putih rebus setiap hari dalam porsi tepat dapat membantu mengurangi dan mencegah kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan bahwa makan sekitar 10 gram bawang putih atau 1-2 siung setiap hari. Konsumsi bawang putih rebus akan berhasil menurunkan kolesterol dalam dua bulan.

(brl/vin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya