9 Minuman Indonesia ini punya nama unik, bikin mikir dua kali

15 / 07 / 2021 19:06 WIB Intan Palupi
9 Minuman Indonesia ini punya nama unik, bikin mikir dua kali
Instagram/@genikayu

Brilio.net - Indonesia memang memiliki kuliner yang beragam. Selain makanan, minuman khas Nusantara juga nggak kalah lengkap lho. Segala jenis minuman ini pun memiliki ciri khasnya masing-masing dan tentunya menyegarkan.

Menariknya lagi, di balik kesegarannya, deretan minuman Indonesia ini diberi nama unik. Saat tahu apa nama minuman tersebut, kamu bisa heran dan bertanya-tanya deh. Keunikan dari namanya juga bakal bikin kamu penasaran seperti apa sih rasa dan bentuk minuman ini.

Penasaran minuman apa saja sih yang memiliki nama unik? Berikut Brilio Food lansir dari berbagai sumber pada Kamis (15/7).

1. Es teler.

minuman unik  berbagai sumber


foto: Instagram/@reunancha

Nama 'teler' bak orang yang sedang mabuk. Namun nyatanya minuman malah bikin segar tenggorokoan. Disajikan dengan beragam varian buah-buahan, ada kelapa muda, nangka, dan alpukat. Semakin menghilangkan dahaga dengan tambahan cincau, kuah santan, susu, kental manis, dan es batu.

2. Es air mata pengantin.

minuman unik  berbagai sumber

foto: Instagram/@rikaekawati

Mungkin sedikit aneh jika mendengar namanya. Minuman khas Riau ini menjadi simbol dari air mata yang berbahagia. Minuman ini kerap disajikan saat acara pernikahan.

3. Es selendang mayang.

minuman unik  berbagai sumber

foto: Instagram/@reapuspita29

Es selendang mayang merupakan minuman dari Betawi. Es selendang mayang terbuat dari es batu yang dicampur dengan kue kenyal. Kue selendang mayang dibuat dari tepung beras, es batu, sirup merah, dan sebagainya.

4. Es laksamana mengamuk.

minuman unik  berbagai sumber

foto: Instagram/@rikaekawati

Es laksamana mengamuk berasal dari Provinsi Riau. Es ini terbuat dari kuweni dicampur dengan santan dan gula merah. Penasaran kan ingin coba?

5. Es nona.

minuman unik  berbagai sumber

foto: Instagram/@kulinerkotapontianak

Es yang berasal dari Pontianak ini nggak kalah menariknya lho. Es nona berwarna kuning ini berisi cincau, tapai, dan kacang merah rebus. Cocok banget untuk mengatasi haus di siang hari.

6. Es buto ijo.

minuman unik  berbagai sumber

foto: Instagram/@esbutoijo_sby

Terdengar menyeramkan, tetapi minuman ini menyehatkan lho. Dinamakan buto ijo karena warna dari minuman ini hijau. Berasal dari Kota Kediri, minuman ini terdiri dari kelapa muda, kolang-kaling, kacang hijau, mata de coco yang disiram dengan susu kental manis dan sirup.

7. Es dawet jembut kecabut.

minuman unik  berbagai sumber

foto: Instagram/@giz.bogarasaa

Minuman ini beradal dari Purworejo, Jawa Tengah. Dinamakan demikian karena penjual es ini berada di jembatan Butuh, Kecamatan Butuh. Kemudian dibuat singkatan menjadi jambut kecabut. Minuman ini berisi cendol hitam, santan, gula aren, dan es batu.

8. Jus poligami.

minuman unik  berbagai sumber

foto: Instagram/@pinkkebaya

Jangan berpikir soal kisah asmara, tapi ini mengenai bahan minuman yang dicampur-campur. Jus poligami terdiri dari beberapa buah-buahan seperti jeruk sunkist, pepaya, mangga, mentimun, nanas, stroberi.

9. Es palu butung.

minuman unik  berbagai sumber

foto: Instagram/@genikayu

Bikin bertanya-tanya, apa itu palu butung? Es unik ini berasal dari Makassar. Meskipun memiliki nama palu, minuman ini terdiri dari pisang, bubur sumsum, sirup merah, dan es batu.

(brl/lut)
SELENGKAPNYA
SELENGKAPNYA