Antilengket, begini trik menggunakan centong sayur untuk cetakan bakwan

Antilengket, begini trik menggunakan centong sayur untuk cetakan bakwan
YouTube/Lilis Rahma

Brilio.net - Centong sayur dikenal sebagai salah satu alat masak yang serbaguna. Tidak hanya untuk menyendok menu berkuah, centong sayur juga biasanya digunakan untuk hal lain. Salah satunya untuk menggoreng bakwan.

Yup, bentuk centong sayur yang cenderung bulat dan cekung membuatnya kerap dijadikan sebagai cetakanadonan bakwan. Sehingga bentuk bakwan pun bisa bulat sempurna. Nggak perlu lagi deh repot-repot membeli cetakan khusus untuk membuat bakwan.

Biasanya centong sayur untuk cetakan bakwan ini sengaja dipilih yang berbahan stainless steel tahan panas. Dengan begitu, centong sayur tidak mudah meleleh saat terkena suhu minyak yang sangat panas.

Sayangnya salah satu kekurangan saat menggunakan centong sayur untuk cetakan adalah adonan bakwan yang kerap lengket dan menempel. Biasanya ada sisa adonan bakwan yang sulit terlepas saat digoreng. Hal ini tentu memengaruhi adonan bakwan yang digoreng setelahnya karena jadi nggak bulat sempurna, nih.

Usut punya usut, ada sebuah trik yang bisa diterapkan saat menggunakan centong sayur ini untuk cetakan bakwan. Trik ini dibagikan oleh salah satu warganet YouTube bernama Lilis Rahma. Melalui salah satu unggahannya, Lilis membeberkan trik agar centong sayur jadi nggak lengket saat digunakan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya